DPRD Sulteng RDP Bersama Komisi Informasi dan Kominfo Sulteng

oleh -
Komisi I DPRD Sulteng foto bersama Komisi Informasi dan Dinas Kominfo Sulteng usai RDP di ruang rapat baruga DPRD Sulteng. FOTO : MIFTAHUL AFDAL

PALU, SULTENGNEWS.COM – Komisi I DPRD Sulteng melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi Informasi (KI) Sulteng dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sulteng.

RDP ini dipimpin langsung Ketua Komisi I, Sri Indraningsih Lalusu bersama anggota Komisi I lainnya. Turut hadir Ketua Komisi Informasi (KI) Sulteng, Isman SH dan Kepala Dinas Kominfo Sulteng, Faridah Lamarauna di ruang rapat Baruga DPRD Sulteng, Kamis (12/03/2020).

Dalam kesempatan itu, Ketua Komisi Informasi Sulteng, Isman SH menyampaikan, terkait masalah sekretariat, sebab Komisi Informasi sekretariatnya berada di dinas peternakan dan perkebunan, sementara untuk Kominfo Sulteng sekretariatnya sendiri.

Menurut Isman, kepala sekretaris KI saat ini, juga bertugas di Dinas Kominfo Sulteng sebagai Kepala Bidang, sehingga terkadang harus berbagi waktu.

“Kita menginginkan, sekretaris itu berada di Komisi Informasi saja, sehingga bisa membangun diskusi bersama yang berkenaan dengan tugas dan fungsi Komisi Informasi, apa yang harus diprogramkan secara bersama karena anggaran kami melekatnya di Dinas Kominfo,” ujarnya.

“Terkait dengan anggaran, mudah-mudahan kita di Komisi Informasi ada ketambahan anggaran,” imbuhnya.

Kepala Dinas Kominfo Sulteng, Faridah Lamarauna pada kesempatan itu mengatakan, apa yang sebenarnya terjadi dan dilaporkan oleh Komisi Informasi ke Komisi I DPRD Sulteng, sebenarnya bisa dibicarakan secara baik di Diskominfo, karena secara ex oficio salah satu kabid di Diskominfo merupakan sekretaris Komisi Informasi.

Dia berharap, permasalahan yang terjadi masih bisa diselesaikan secara musyawarah mufakat. Ia juga mengungkapkan sudah memenuhi apa yang menjadi keinginan pihak Komisi Informasi, akan tetapi Komisi Informasi ternyata malah melaporkan hal-hal yang harusnya masih bisa diselesaikan secara internal pada Komisi I DPRD Sulteng.

Menanggapi hal itu, Ketua Komisi I DPRD Sulteng, Sri Indraningsih Lalusu menjelaskan, pertama mengenai anggaran di Komisi Informasi, tahun-tahun sebelumnya ada kenaikan. Terus turun lagi, lalu naik, turun naiknya anggaran. Hal ini karena disesuaikan dengan kemampuan daerah atau sesuai sisa dari perhitungan mengenai hal-hal prioritas.

“Komisi Informasi tidak di kategorikan turun, karena sebenarnya semua penganggaran untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) turun karena pembiayaan untuk Pilkada,” jelasnya.

Menurut Sri sapaan akrab Ketua Komisi I ini, pemilik rekening dan pengguna anggaran itu adalah Dinas Kominfo, bukan Komisi Informasi. Anggaran Komisi Informasi melekat di Dinas Kominfo, sehingga wajar jika dari kesektriatan dinas yang mengatur mengenai Komisi Informasi.

“Melihat adanya aduan dari Komisi Informasi dengan apa yang mereka ungkapkan dan apa yang dijelaskan oleh Dinas Kominfo, setelah itu saya mengambil kesimpulan bahwa kurangnya disini adalah komunikasi,” tutupnya. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *