DPRD Sulteng Bentuk Pansus Raperda Kesehatan

oleh -
Ketua Pansus Raperda Kesehatan, Nur Dg Rahmatu. FOTO : MIFTAHUL AFDAL

PALU, SULTENGNEWS.COM – Sebagai proses pencegahan penyebaran covid-19 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tengah (Sulteng) membentuk Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kesehatan.

Dalam Pansus Kesehatan itu, Nur Dg Rahmatu ditunjuk sebagai Ketua Pansus Kesehatan, kemudian Wakil Ketua Pansus, Linear Lamakarate dan Sekretaris Pansus, I Nyoman Slamet.

Ketua Pansus Kesehatan Raperda, Nur Dg Rahmatu mengatakan, membentuk Pansus Raperda Kesehatan yang sebelumnya sudah ada. Namun, pembentukan Pansus Raperda Kesehatan sebagai upaya untuk menyempurnakan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2013 Tentang Kesehatan Daerah.

“Usulan raperda yang masuk di antara karena terjadinya covid-19, maka kita perlu adanya payung hukum,”ujar Nur Dg Rahmatu, saat ditemui sultengnews, di ruang rapat utama DPRD Sulteng, Kamis (21/01/2021).

Nur menerangkan, pembentuk payung hukum tidak akan mempengaruhi Perda lama, namun sebagai cara untuk menyempurnakan perda yang sebelumnya. Sebab, kata dia, munculnya covid-19, perlu adanya Perda yang mengatur sekaitan dengan hal itu.

Terlebih lagi, bagi Nur, tidak menutup kemungkinan akan adanya virus yang lain lagi dikemudian hari.

“Tapi payung hukum tidak menutupi Perda baru, tapi Perda baru tentang kesehatan kita sempurnakan, pasalnya ada yang kita selipkan terkait dengan beberapa virus dan termasuk covid-19,”terangnya.

“Yang diselipkan berkaitan dengan bagaimana cara mencegah jangan sampai terjadi dan kedua kalau sudah terjadi bagaimana cara menanganinya,”tandasnya. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *