DPRD Poso Kunjungi DPRD Sulteng Koordinasi Terkait Keamanan di Poso

oleh -
Wakil Ketua DPRD Sulteng, H.M Arus Abdul Karim saat menerima kunjungan rombongan Anggota DPRD Poso. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Poso melakukan konsultasi dan koordinasi ke DPRD Sulteng terkait situasi dan kondisi Poso yang kembali mulai mencekam selang beberapa bulan terakhir ini, karena adanya korban penembakan di daerah itu.

Rombongan DPRD Poso yang terdiri dari Romy S Alimin, M Yusuf, Makmur Lapido, Hidayat Bungasawa dan Iskandar Lamuka diterima Wakil Ketua I DPRD Sulteng H.M Arus Abdul Karim didampingi anggota DPRD lainnya masing – masing Yus Mangun SE, Wiwik Jumatul Rofiah, H Zainal Abidin Ishack dan Enos Pasaua. Rombongan diterima di Ruang Baruga Kantor DPRD Sulteng pada Rabu (10/6/20).

Para wakil rakyat dari Poso ini menyampaikan, situasi dan kondisi keamanan Poso yang mulai mencekam, sangat membutuhkan dukungan dari DPRD Sulteng, karena pihaknya telah melakukan Rapat Denfar Pendapat (RDP) dengan Kapolres Poso terutama terkait dengan tertembaknya sejumlah warga sipil yang tidak berdosa di daerah itu.

“Terus terang kami yang mengikuti kejadian demi kejadian hingga tiga korban warga kami, sangat memilukan,” kata Wakil Ketua DPRD Poso, Romy D Alim dalam rapat tersebut.

Begitu pun M Yusuf serta Iskandar Lamuka juga menyampaikan hal yang sama. Begitu runtut peristiwa yang sangat membuat sesak dada keluarga korban.

Menanggapi sejumlah peristiwa yang disampaikan para wakil rakyat dari Poso itu, Wiwik Jumatul Rofiah dan Yus Mangun memberikan dukunganya pada DPRD Poso yang meminta agar operasi Tinombala segera dihentikan sesuai harapan dari pihak DPRD Poso.

Yus Mangun mengatakan memberi apresiasi kepada DPRD Poso dan akan memback up DPRD Poso.

Sementara itu H Zainal Abidin Ishak mengatakan, perlu ditelusuri siapa yang bertanggungjawab atas tertembak tiga warga yakni Qidam, Firman dan Syarifuddin.

Menurutnya, harus diselidiki siapa yang bertanggung jawab dalam terbunuhnya tiga korban tersebut, apakah Satgas Tinombala atau pihak aparat di tingkat polsek yang bertanggung jawab.

“Ini yang perlu kita dalami dalam waktu singkat ini. Jangan kita lama lamakan,” kata politisi Golkar ini.

Wakil Ketua DPRD Sulteng, H.M Arus Abdul Karim menyatakan akan melakukan RDP dengan Polda dan akan mengundang pihak pihak terkait, termasuk Polres Poso dan satgas Tinombala dalam waktu dekat.

Sumber : HumPro Setwan DPRD Prov. Sulteng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *