DPRD Minta Bantuan Beasiswa Mahasiswa di Sulawesi Tengah di Naikan

oleh -
Anggota Banggar DPRD Sulteng, Ronald Gulla, ST saat memberikan masukkan kepada Disdikbul Sulteng terkain usulan kenaikan beasiswa. FOTO : MIFTAHUL AFDAL

PALU, SULTENGNEWS.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tengah (Sulteng), meminta agar bantuan beasiswa bagi mahasiswa di Sulteng bisa dinaikkan dari sebelumnya dua juta menjadi tiga juta lebih.

Hal itu disampaikan salah satu anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Sulteng, Ronald Gulla dalam rapat bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulteng di ruang rapat utama DPRD Sulteng, Selasa (01/09/2020).

“Bayangkan kalau orang dari luar Kota Palu mengurus itu (Beasiswa Mahasiswa) jelas mereka harus datang ke Kota Palu, sudah berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk transportasi dan makan,”ujarnya.

Dikatakan, otomatis dengan biaya yang sudah keluar dalam mengurus hal itu tentu akan mengurangi dari dua juta menjadi satu juta. Belum lagi pengurusannya ribet dan susah, ini sudah hampir sama dengan pengurusan untuk keuangan lembaga.

Menurut Ronald, hal ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa. Apalagi di situasi covid-19 saat ini, belum lagi baru selesai dari bencana gempa, tsunami dan likuifaksi, khususnya di daerah terdampak, sehingga wajar baginya untuk meminta kenaikan bantuan beasiswa tersebut.

“Dengan begitu, kita minta dinaikkan sedikit, betul memang berdasarkan keuangan daerah, tapi minimal dinaikkan sedikit. Jadi dari bantuan yang awalnya dua juta bisa naik menjadi tiga juta lebih, paling tidak setelah pengurusan dapat dua juta lebih,”terangnya.

Dia menegaskan, kalau memang pemerintah berpihak kepada pelajar dan mahasiswa yang lagi kesulitan, maka biaya bantuan untuk beasiswa mahasiswa itu bisa dinaikkan, karena jelas pendapatan orang tua juga sangat sulit dengan situasi sekarang.

“Sehingga bagi anak-anak yang ingin sekolah karena tidak mampu bisa terbantukan dengan adanya biaya bantuan beasiswa karena itu menjadi tanggung jawab dari Pemerintah Daerah (Pemda),” tandasnya. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *