Diskusi Kebangsaan ; Walikota Tekankan Nilai Pancasila dan Nilai Kebudayaan

oleh -
Proses kegiatan diskusi kebangsaan. FOTO : ADHY RIFALDY

PALU, SULTENGNEWS.COM – Diskusi kebangsaan dengan tema Kontekstual Nilai-nilai Pancasila di Dunia Pendidikan di Kota Palu dilaksanakan di Santika Hotel di jalan Moh. Hatta, Kamis (17/9/20) pukul 08.00 Wita.

Kegiatan tersebut dihadiri para tenaga pengajar sekolah – sekolah di Kota Palu, serta Wali Kota Palu yang diminta sebagai Narasumber dalam kegiatan tersebut.

Seluruh peserta undangan wanita diwajibkan berpakaian kebudayaan kaili serta batik dan siga untuk para pria.

Dalam diskusi ini, yang berperan sebagai moderator Fahrurozi selaku Direktur Pengendalian BPIP, serta dua narasumber yakni Hidayat selaku Walikota dan Lia Kian selaku Staff Khusus Dewan Pengarah BPIP.

Adapun pembahasan dalam diskusi tersebut nilai-nilai dari pancasila dan nilai kebudayaan .

Hidayat dalam penyampaiannya nilai-nilai pancasila mengatakan, semua warga Indonesia harus bisa memahami dan dapat mengaktualisasikan nilai – nilai pancasila dalan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Pancasila ini sebagai patokan dari kehidupan bernegara kita, apapun kebijakkannya harus sesuai lima sila tersebut,” ujar Hidayat.

Tak sampai situ, ia pun menambahkan tidak hanya nilai pancasila, tapi nilai kebudayaan ini pun tak luput dari bangsa ini.

“Jadi, pancasila merupakan akar budaya bangsa ini. Nah, berbicara soal konteks nilai, maka nilai kebudayaan seperti toleransi, kekeluargaan dan bergotong royong adalah nilai – nilai dari pancasila,” tutup orang nomor satu di Kota Palu ini. RDL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *