Disdukcapil Kota Palu Teken MoU Kerjasama Dengan Lima Rumah Sakit

oleh -
Disdukcapil Kota Palu dalam kegiatan penandatanganan perjanjian kerja sama pelayanan akta kelahiran online (Alpukat) yang bertempat di gedung bantaya kantor Walikota Palu. FOTO : ALSIH MARSELINA / SN

<span;>PALU, SULTENGNEWS.COM – Pemerintah Kota Palu (Pemkot) bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palu melakukan teken Memorandum of Understanding (MoU) bersama lima rumah sakit (RS).

<span;>Adapun lima rumah sakit itu yakni RS Bhayangkara,RS Care She, RS Sis Aljufri, RS Woodward, serta klinik Nisa, Rabu (14/10/20).

<spKerjasama yang ditandai dengan penandatanganan MoU tersebut, sekaitan dengan pelayanan akte kelahiran melalui online melalui inovasi layanan Disdukcapil Kota Palu dalam program Anak Lahir Bawah Pulang Akta (Alpukat).

Kepala Dinas Dukcapil Kota Palu, Rosida Thalib melalui laporannya menjelaskan, program Alpukat merupakan pengembangan layanan penerbitan akta kelahiran yang difasilitasi melalui Yayasan Karampuang.

Dikatakan, tujuan dari layanan tersebut agar dapat memberikan hak sipil kepada anak yang berupa kepemilikan akta kelahiran serta mengintegrasikan pelayanan penerbitan dokumen kependudukan dan pemberian kemudahan serta mendapatkan dokumen kependudukan melalui fasilitas dari pihak Rumah sakit.

“Layanan ini bertujuan Agar dapat memberikan hak sipil terhadap anak dan diberikan penerbitan akta kelahiran serta mengintegrasikan pelayanan penerbitan akta kelahiran dan kartu keluarga baru,”ungkapnya.

“Jadi bagi para pasien yang untuk melahirkan saat pulang bisa langsung membawah pulang akta kelahiran dan pengurusan tanpa dibebani biaya”tambahnya.

Rosida menerangkan, saat ini untuk wilayah Kota Palu, Sigi, bahkan Donggala sudah dapat menggunakan aplikasi yang difasilitasi oleh Unicef  melalui Yayasan Karampuang.

Dia menyebut, Disdukcapil Kota Palu juga sudah memberikan 23 layanan untuk penerbitan dokumen,  dari 16 layanan sudah dapat menggunakan barcode agar jika nanti diperlukan dokumen tidak lagi dilegalisir dan file data dikirim kepada masyarakat melalui email.

Rosida juga mengucapkan terima kasih terhadap pihak Unicef melalui yayasan Karampuang atas semangat serta motivasi kepedulian serta bantuan yang diberikan bagi keperluan pemenuhan hak sipil anak yang berupa kepemilikan akta kelahiran. SIL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *