Disdikbud Palu Akan Launching Buku Mitigasi Bencana

oleh -

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Palu, H. Ansyar Sutiadi, S.Sos.,M.Si saat memimpin rapat rencana lauching buku mitigasi bencana bersama para Kepala UPTD Pendudikan se-Kota Palu. FOTO : ZAENAL/SN

PALU, SULTENG NEWS.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Palu, rencananya akan meluncurkan buku mitigasi bencana untuk disalurkan ke semua sekolah di Palu.

Lauching buku itu, rencananya akan dilakukan pada 27 Juli 2019 mendatang. Untuk mematangkan segala persiapan, pihak Disdikbud menggelar rapat bersama dengan para Kepala UPTD Pendidikan di Kota Palu, Rabu (24/7/2019).

Kepala Disdikbud Kota Palu, H. Ansyar Sutiadi S.Sos, M.Si mengatakan selama ini masyarakat, khususnya anak-anak sekolah hanya mendengar orang tua dulu memberikan setiap tempat kejadian bencana dengan melekatkan nama semisal daerah petobo. Tapi tidak ada literasi berupa buku, sehingga dengan adanya buku mitigasi bencana yang akan diluncurkan bisa dijadikan bahan pembelajaran di sekolah-sekolah.

“Kalau buku mitigasi bencana telah diterima oleh setiap sekolah, maka bukan hanya menjadi bahan bacaan saja. Tapi harus diiringi dengan pengaplikasian dan simulasi kebencanaan yang terintegrasi dengan kegiatan ekstrakulikuler di masing masing sekolah,” ujar Ansyar Sutiadi.

Kedepan kata Ansyar Sutiadi, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial untuk mengirim tenaga-tenaganya memandu simulasi, karena hal ini sangat penting sehingga mereka lah yang membantu dalam setiap kegiatan simulasi tersebut.

“Buku mitigasi bencana akan menjadi panduan bagi setiap guru, karena dalam buku tersebut memuat tiga poin penting yaitu pendekatan mulok, pendekatan kebencanaan secara integrasi dalam setiap mata pelajaran, dan penguatan dalam kegiatan ekstra kulikuler,” tandas Mantan Camat Palu Barat Ini. NAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *