Dinas Pangan Sulteng Susun Peta Kerawanan Pangan di Tingkat Desa

oleh -
Sekretaris Dinas Pangan Sulteng, Mas'ur saat memberikan paparan ketahanan pangan kepada wartawan. FOTO : MIFTAHUL AFDAL

PALU, SULTENGNEWS.COM – Dinas Pangan Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) telah melakukan penyusunan peta kerawanan pangan di tingkat desa demi indentifikasi kelangkaan pangan di masa pandemi Covid-19.

“Sampai pada saat ini peta rawan pangan itu untuk tingkat provinsi sudah dibuat sampai di tingkat kecamatan dan sudah ada petanya,”ujar Sekretaris Dinas Pangan Sulteng, Mas’ur saat ditemui di kantor Dinas Pangan Sulteng, Kamis (09/09/2021).

Mas’ur mengatakan, pihaknya saat ini sedang melakukan penyusunan peta kerawanan pangan menyasar ke desa-desa dan akan dilaksanakan di semua kabupaten di Provinsi Sulteng.

“Dan kami untuk tahun ini sudah menyusun peta kerawanan pangan sampai tingkat desa dan itu dilaksanakan masing-masing kabupaten,”ucapnya.

Pendanaan peta kerawanan pangan berasal dari  Pemerintah Provinsi Sulteng, tetapi yang melaksanakan kabupaten untuk selanjutnya peta kerawanan itu dihimpun di Dinas Pangan Sulteng.

“Dan apabila ini ada yang memanfaatkan itu sebagai pengembangan kegiatan dari OPD (Organisasi Perangkat Daerah) lain itu kami sangat bersyukur,”sebutnya.

Peta kerawanan pangan ini, kata Mas’ur sangat dibutuhkan untuk memprioritaskan penanganan ketahanan pangan sebagai upaya antisipasi masyarakat tidak mengalami kelaparan.

“Tapi kalau peta ini kami sangat butuhkan untuk melaksanakan program dan kegiatan sebagai prioritas penanganan ketahanan pangan sehingga diharapkan masyarakat kita tidak terjadi kelaparan,”terangnya.

“Mana yang bisa disuplay dari kelebihan dan mana yang lebih bisa dijual kemana. Itu yang akan dikembangkan dalam pelaksanaan di Tahun 2022 dan 2023 nanti,”tutupnya.DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.