Diduga Koruspi Ratusan Juta, Kades di Togian Ditangkap Jaksa

oleh -
Kepala Desa Titiri'i Kecamatan Togian Kabupaten Tojo Unauna (Touna), Jein Jusmiati Tangkeda saat diamankan pihak Cabang Kejaksaan Wakai, Sulawesi Tengah (Sulteng). FOTO : IST

TOUNA, SULTENG NEWS – Diduga korupsi dana desa senilai Rp400 juta, Kepala Desa Titiri’i Kecamatan Togian Kabupaten Tojo Unauna (Touna), Jein Jusmiati Tangkeda, ditangkap pihak Cabang Kejaksaan Wakai, Sulawesi tengah (Sulteng).

“Diduga melakukan tindak pidana korupsi Kades itu ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan,” terang Kacabjari Wakai Kabupaten Tojo Unauna, Joni Saputra SH, (23/03/2021).

Penetapan tersangka hingga ke penahanan dilakukan setelah proses pemeriksaan yang panjang mulai penyelidikan dan penyidikan. Kades Tatiri’i Popolion itu diduga melakukan penyalagunaan Dana Desa (DD) mulai tahun 2016-2018.

“Kepala desa itu kami tahan sejak senin kemarin, sekarang kami titipkan di Lapas kelas II B Ampana Kabupaten Tojo Unauna,” jelas Joni Saputra.

Oknum Kades di Kecamatan Togian yang diduga melakukan tindak pidana korupsi itu sementara ini ditahan di Lapas Ampana selama 20 hari sembari menunggu berkasnya rampung untuk dilimpahkan ke Pengadilan.

“Jadi tersangka dititip di Lapas selama 20 hari kedepan untuk menunggu sidang di Pengadilan Tipikor Palu,” katanya.

Sebelumnya, dalam pemeriksaan yang dilakukan menurut Kacabjari Wakai itu, tersangka telah didampingi oleh kuasa hukumnya PH Nasrun SH. Bahkan pada proses pemeriksaan, Prokes tak pernah diabaikan mulai menjaga jarak serta penggunaan masker. RML

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *