Desa Ampibabo Timur Melaksanakan Pemilihan Kepala Dusun

oleh -

Suasana pemilihan kepala dusun di Desa Ampibabo Timur, Kecamatan Ampibabo, Kabupaten Parigi Moutong. FOTO : IST

PARIGI MOUTONG, SULTENGNEWS.COM Desa Ampibabo Timur Kecamatan Ampibabo, Kabupaten Parigi Moutong melaksanakan pemilihan kepala dusun atau warga setempat menyebutnya kepala wilayah.

Hal itu diketahui saat media ini lewat di Desa Ampibabo Timur dan melihat adanya poster dan pamplet yang ditempel disejumlah jalan dan lorong di dusun – dusun di Desa Ampibabo Timur. Saat melihat lebih dekat, ternyata poster dan pamplet yang ditempel tersebut berisikan pengumuman ajakan untuk memilih kepala dusun yang isi posternya adalah gambar para calon kepala dusun.




Kepala Desa Ampibabo Timur, Lukman saat dikonfermasi di kediamannya, Rabu (05/02/2020) pukul 17.30 membenarkan bahwa di desanya telah mengadakan pemilihan kepala dusun untuk 3 dusun yang ada di desanya.

“Iya, pemilihanya tadi pagi dan dilanjutkan dengan proses perhitungan susuara,”jawabnya.

Dikatakan, kegiatan pemilihan kepala dusun memang bukan bahagian dari visi misinya ataupun aturan yang diharuskan melalui regulasi yang ada, akan tetapi merupakan kebijakan yang diambil untuk memenuhi tanggapan dan usulan masyarakat yang menyampaikan supaya ada pemilihan kepala dusun di Desa Ampibabo Timur.

“Sebenarnya ini bukan bagian dari visi misi saya ataupun ada aturan yang mengharuskan adanya pemilihan kepala dusun. Namun ini hanya kebijakan yang saya ambil untuk memenuhi usulan masyarakat, supaya kalau ada persoalan yang muncul di tingkat dusun tidak serta merta masyarakat menyalahkan kepala desa, karena kepala dusun, mereka sendiri yang memilihnya,” terangnya.

Lukman juga menyampaikan, aparat desa termaksud kepala dusun diberikan Surat Keputusan (SK) oleh kepala desa setahun sekali, yang selanjutnya akan di keluarkan Surat Keputusan (SK) kepala desa ditahun berikutnya dengan melihat kinerja aparat desa yang ada dan bisa saja pada proses selanjutnya atau ditahun berikutnya tidak melalui pemilihan langsung lagi, melainkan penunjukan langsung oleh keala desa.




Sekretaris Desa Ampibabo Timur, Supardin saat dihubungi di kediamanya menyampaikan juga bahwa Desa Ampibabo Timur terbagi menjadi tiga dusun dan masyarakat di setiap dusun memilih kepala dusunnya masing-masing.

Menurut Supardin, bukan hanya Desa Ampibabo Timur yang melaksanakan proses pemilihan langsung kepala dusun, akan tetapi desa yang lain juga melakukan hal yang sama, walaupun tidak semua desa melaksanakannya. Sebab ada juga desa yang ditunjuk oleh kades kepala dusunnya.

“Kalau Desa Ampibabo Timur terbagi menjadi tiga dusun dan masyarakat di setiap dusun memilih sendiri kepala dusunnya,” ujar Supardin.

Dia menambagkan, pemilihan kepala dusun di Desa Ampibabo Timur, turut dihadiri langsung camat Ampibabo beserta jajaranya serta pihak kopolisian Sektor Ampibababo.




Dari data yang ada, proses pemilihan dikuti oleh 7 calon kepala dusun dengan rincian 2 calon dari dusun 1, 2 calon dari dusun 2 dan 3 calon dari dusun 3.

Pemenang di dusun 1 yaitu Erwin, S.Pi. dengan jumlah 25 suara, di dusun 2 yang menang Suherman dengan jumlah 79 suara dan dusun 3 dimenangkan oleh Ardin dengan jumlah 60 suara. FIK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *