Dekan FASYA UIN Datokarama Palu Menggelar Seminar Pelatihan Advokasi dan Jurnalistik

oleh -
Wakil Dekan FASYA UIN Datokarama Palu Muhammad Taufan, didampingi narasumber lainnya dalam pelatihan Advokat dan Jurnalis, Sabtu (25/6/2022). FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Dekan Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu belum lama ini menggelar seminar pelatihan Advokat dan Jurnalis, dengan tema Aksi Progresif dan Publikasi yang Mencerahkan, Sabtu (26/6/2022).

Dalam penyampaian sambutan Wakil Dekan Fakultas Syariah UIN Datokarama Palu, Muhammad Taufan, lebih menekankan terhadap adanya kemampuan bagi setiap mahasiswa dalam melakukan kerja-kerja di dalam persaingan akademik.

Menurutnya, apalagi soal profesi dibidang hukum khususnya advokat dan paralegal yang melakukan kerja advokasi, kini menjanjikan secara ekonomi.

Seperti halnya advokasi, demikian juga profesi dibidang jurnalistik, telah menjadi profesi menjanjikan di tengah persaingan global dan derasnya arus informasi.

“Semakin maju peradaban manusia, ternyata semakin membutuhkan profesi yang bergerak di bidang advokasi dan jurnalistik,” ungkap Taufan kepada SultengNews.com belum lama ini.

Dia menambahkan, puluhan tahun lalu, kerja-kerja ini tidak terlalu diperhitungkan sebagai profesi yang menjanjikan secara ekonomi.

“Ini ditandai dengan banyak instansi atau lembaga, memuat bagian yang mengurusi hukum misalnya biro hukum atau bagian hukum,” sebutnya.

Untuk itu ia berharap, agar peserta pelatihan mengikuti kegiatan secara maksimal, hingga terbentuk pemahaman utuh sebagai bekal melakukan kerja advokasi dan publikasi aksi sosial yang mencerahkan.

Sementara terpisah, Ketua LKBH Fasya UIN Datokarama Palu, Suhri Hanafi, dalam kegiatan itu menitipkan pesan agar apapun aktivitas pekerja hukum apalagi bersentuhan dengan publik, hendaknya mencirikan profesionalitas dan intergritas.

“Cirikan dengan akhlak yang baik,” kata Suhri Hanafi.

LKBH Fasya UIN Datokarama Palu menggelar pelatihan advokasi dan jurnalistik, dengan ditujukan untuk menambah pengetahuan teknis terkait strategi advokasi kasus dan kebijakan, sekaligus meningkatkan kemampuan menulis di bidang jurnalistik.

Selain itu, untuk menumbuh-kembangkan kepedulian dan tanggung jawab sosial terhadap permasalahan sosial dan hukum.

Serta membentuk jaringan kemitraan strategis dalam rangka untuk membantu, memfasilitasi dan memperjuangkan hak-hak masyarakat sipil baik melalui jalur litigasi maupun non litigasi.ZAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.