Datangi Kantor Gubernur, Perwakilan Warga Kasimbar Dukung Keberadaan PT. Trio Kencana

oleh -
Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Rudy Dewanto didampingi Tenaga Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan HAM Ridha Saleh, S,Sos, MH, serta Tenaga Ahli Gubernur Bidang Hukum Abdulrahim, SH, MH menerima perwakilan masyarakat Kasimbar mendukung segera beroperasinya PT. Trio Kencana di depan Kantor Gubernur, Jumat (18/2/2022). FOTO : HUMAS PEMPROV SULTENG

PALU,SULTENGNEWS.COM – Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Rudy Dewanto didampingi Tenaga Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan HAM Ridha Saleh, S,Sos, MH, serta Tenaga Ahli Gubernur Bidang Hukum Abdulrahim, SH, MH menerima perwakilan masyarakat Kasimbar mendukung segera beroperasinya PT. Trio Kencana di depan Kantor Gubernur, Jumat (18/2/2022).

Dalam kesempatan itu, perwakil masyarakat Kasimbar yang dipimpin langsung Camat Kasimbar Abd. Manan Dg. Malindu, S.Pd.MM menyampaikan bahwa masyarakat Kecamatan Kasimbar, tidak mendukung adanya aksi yang menolak Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT. Trio Kencana.

Abd Manan Dg. Malindu menyampaikan, masyarakat Kasimbar sangat mendukung segera untuk operasional PT. Trio Kencana. Bahkan masyarakat akan melakukan demo tandingan kalau PT. Trio Kencana dicabut IUP-nya atau dihentikan.

“Kenapa tambang yang legal kita cabut, sementara tambang ilegal kita biarkan beroperasi. Kami meminta gubernur merekomendasikan agar segera operasional PT. Trio Kencana. Kami minta PT. Trio Kencana lakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang proses penambangan yang akan  dilakukan,” ujar Camat Kasimbar itu.

Menanggapi hal itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Rudy Dewanto menyampaikan bahwa saat ini gubernur masih dalam tahap pembentukan tim untuk segera melakukan kajian terhadap rekomendasi yang akan diajukan kepada Menteri ESDM.

Kedatangan masyarakat Kasimbar itu, menjadi bahan masukan kepada gubernur dalam pembuatan rekomendasi yang akan diajukan ke Kementerian ESDM.

“Yang pasti, gubernur tidak memiliki kewenangan untuk mencabut IUP PT. Trio Kencana. Kewenangan itu, ada pada Menteri ESDM sesuai aturan yang berlaku,” terang Rudy Dewanto.

Sementara itu, Tenaga Ahli Gubernur Ridha Saleh dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa saat ini gubernur berkonsentrasi untuk menyelesaikan permasalahan dan kewenangan bidang pertambangan yang ada pada ESDM.

Ridha Saleh memastikan bahwa gubernur akan berada dipihak masyarakat dan akan mempertimbangkan yang terbaik untuk masyarakat, baik untuk masyarakat yang menolak dan yang mendukung.

“Yakinlah, gubernur pasti mengambil kebijakan yang berpihak kepada masyarakat. Saat ini, tim sementara bekerja semoga cepat selesai untuk merampungkan laporan kepada Menteri ESDM,” terang Ridha Saleh. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.