Data BPBD Sulteng : 194 Jiwa Terdampak dan 34 Rumah Warga Alami Kerusakan Akibat Banjir di Desa Rogo

oleh -
Kondisi Desa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, pasca di terjang banjir bandang semalam (29/08/2021). FOTO : Humas BPBD Sulteng

SIGI, SULTENGNEWS.COM – Banjir bandang yang terjadi di Desa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi mengakibatkan ratusan jiwa terdampak dan sebanyak 34 rumah warga mengalami kerusakan. Hal itu berdasarkan laporan assesment sementara dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) pada Senin (30/08/2021).

Hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan air meluap di Sungai Desa Rogo hingga tanggul jebol dan terjadi banjir bandang membawa material kayu dan batuan.

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Sulteng, Andy A Sembiring, S.STP,. M.Si mengatakan, dalam peristiwa itu tidak ditemukan korban meninggal dunia. Namun, terdapat satu warga yang mengalami luka-luka.

Selain itu, kata Andy, hasil assesment dari pihaknya sebanyak 62 Kepala Keluarga (KK) atau sejumlah 194 jiwa terdiri 91 laki-laki dan 103 perempuan yang mengalami dampak akibat banjir bandang di Desa Rogo tersebut.

“Kelompok rentan terdiri dari bayi 5 orang, balita 21 orang, lansian 19 orang, ibu hamil 1 orang dan disabilitas 4 orang,”ucap Andy Sembiring melalui laporan yang diterima sultengnews, Senin (30/08/2021).

Bahkan, Andy mengungkapkan, puluhan rumah warga juga mengalami kerusakan dan terendam air disertai lumpur serta satu mushola.

“Rumah rusak sebanyak 34 rumah dan yang terendam ada 39 rumah serta satu unit mushola,”ungkapnya.

Andy menyampaikan, masyarakat bersama aparat kepolisian setempat telah bergotong royong mengeluarkan material dan tiga unit alat berat dikerahkan untuk mengeruk sungai sebagai upaya melancarkan aliran air sungai.

Hingga kini, masyarakat bersama aparat kepolisian setempat masih berjaga-jaga karena situasi dan kondisi masih turun hujan dan telah berdiri posko induk di Dusun I Desa Rogo. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.