Danrem Resmi Tutup TMMD ke-106 Tahun 2019 Kodim 1306 Donggala

oleh -

Komandan Korem (Danrem) 132 Tadulako, Kolonel Inf. Agus Sasmita saat memimpin upacara penutupan TMMD ke-106 tahun 2019 Kodim 1306 Donggala. FOTO : RAMADHA/SN

PARIGI MOUTONG, SULTENGNEWS.com -Komandan Resor Militer 132/Tadulako Kolonel Inf. Agus Sasmita, memimpin upacara penutupan kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 Tahun 2019 Oleh Kodim 1306 Donggala.



Upacara yang dilaksanakan di Lapangan Poluirandu Desa Lombok, Kecamatan Tinombo, Kamis (31/10/2019) sebagai agenda penutup secara resmi kegiatan TMMD kali ini.

Dalam kegiatan tersebut, Danrem Agus Sasmita membacakan amanat Panglima Kodam XIII/Merdeka, Mayor Jenderal TNI Tiopan Aritonang.

Komandan Korem (Danrem) 132 Tadulako, Kolonel Inf. Agus Sasmita foto bersama usai upacara penutupan TMMD. FOTO : RAMADHA/SN

Menurut Pangdam, Mayor Jenderal TNI Tiopan Aritonang, TMMD yang mengusung tema “Melalui TMMD Kita Wujudkan Percepatan Pembangunan Untuk Kesejahteraan Rakyat” sangat sejalan dengan visi pemerintah yakni membangun Indonesia dari pinggiran, karena TMMD fokus pada daerah-daerah terpencil yang relatif kurang tersentuh pembangunan.

“Undang-undang RI Nomor 34 tahun 2004 telah mengamanahkan kepada TNI untuk melaksanakan tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dengan membantu tugas pemerintah di daerah, khususnya dalam hal pembangunan,” ujar Pangdam dalam sambutan yang dibacakan Danrem 134 Tadulako.

Olehnya, Pengdam menyampaikan bahwa TMMD merupakan salah satu program yang membantu pemerintah daerah dengan berperan aktif dalam melaksanakan program-program pembangunan yang ditujukan untuk kesejahteraan rakyat dalam rangka memperkuat ketahanan wilayah dalam prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Sehingga pelaksanaan program ini, diharapkan memberikan kontribusi yang bermakna bagi peningkatan keberdayaan masyarakat dan percepatan pembangunan,” tandas Pangdam.

Diakhir amanatnya, Pangdam XIII/Merdeka menyampaikan terima kasih kepada satgas TMMD dan juga masyarakat yang telah membantu terlaksannya kegiatan ini khususnya masyarakat di Wilayah Kecamatan Tinombo yang menjaga dan memelihara hasil pembangunan, karena hasil yang diperoleh akan sangat bermanfaat untuk peningkatan kesejahteraan dan pengentasan kemiskinan.

Sementara Dandim 1306/Donggala, Kolonel Inf Widya Prasetyo yang ditemui diselah-selah penutupan kegiatan itu mengatakan, salah satu hal yang mengahambat kegiatan TMMD yakni kondisi cuaca yang memasuki musim hujan, sehingga penyelesaian pembangunan sasaran tidak maksimal.

“Beberapa tanah akhirnya menjadi becek dan labil, sehingga material batu dibeberapa tempat menjadi amblas dan jalur jalan yang begitu terjal serta berkelok-kelok,” ujarnya Dandim 1306/Donggala.



Seperti diketahui, TMMD kali ini berfokus di tiga desa yakni Desa Lombok, Desa Ogoalas dan Desa Patingke serta berhasil melaksanakan pembuatan jalan desa sepanjang 5 km, pembuatan gedung kantor tiga pilar dan pembuatan 28 unit jambanisasi.

Adapun yang hadir dalam upacara penutupan TMMD ke-106 Kodim 1306 Donggala yakni Kolonel Inf. Abdul Haris (Aster Kasdam), Kolonel Inf. Widya Prasetyo, N.S.Pd (Dandim 1306/Dgl), Kolonel (P) Tomi Herlambang (Danlanal Palu), Akbp. Zulham Efendi Lubis, SIK (Kapolres Parimo), Letkol. Chb. Isharyanto (Danden Hub Rem 132/Tdl), M. Faisal Mang (Asisten 1 Provinsi Sulteng Mewakili Gubernur Sulteng), H. Badrun Nggai, SE (Wakil Bupati Parimo), Drs. Samin Latandu, M.Si (Asisten 1 Bidang Pemerimtahan dan Kesra Pemda Parimo), Jajaran OPD Kab. Parimo, Para Camat se Kab. Parimo dan Para Kades. RMD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *