Dandrem 132 Tadulako Sebut Sumber Logistik Kelompok MIT dari PETI Salubanga

oleh -
Dandrem 132/Tadulako, Brigjen TNI Farid Makruf. FOTO : MIFTAHUL AFDAL

PALU, SULTENGNEWS.COM – Komandan Resort Militer (Danrem) 132/Tadulako, Brigjen TNI Farid Makruf menyebut, salah satu sumber logistik kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Pimpinan Ali Kalora berasal dari Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) Desa Salubanga, Kecamatan Sausu, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo).

Hal itu disampaikan oleh Dandrem saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama lintas Komisi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulteng, Senin (15/03/2021).

“Desa Salubanga, Kecamatan Sausu wilayah tersebut merupakan zona merah karena sering terjadi pemunculan DPO (Daftar Pencarian Orang) kelompok MIT, namun di sana masih banyak penambang dan salah satu sumber logistik dari kelompok MIT adalah para petambang ini,”ujarnya.

Danrem mengaku sebelumnya, pihaknya belum mengetahui modus kemunculan kelompok MIT di daerah pertambangan di Desa Salubanga. Akan tetapi, kata dia, diketahui pasti kelompok MIT naik ke lokasi pertambangan hanya untuk seminggu, karena penambang yang membawa beras samapai 20 kilo sisanya diserahkan ke Ali Kalora cs.

Bahkan, kesulitan dalam pengejaran kelompok MIT, menurut Dandrem karena adanya bantuan logistik dari penambang di daerah tersebut.

“Ini salah satu sebab kami ngejar-ngejar Ali kalora itu tidak tidak selesai karena kami berharap Ali kalora dan kawan-kawan kelaparan di atas sana tapi ternyata di supply terus sama para petambang ini,”ucapnya.

Dandrem menjelaskan, pihaknya dapat membuktikan hal itu, pasca peristiwa kontak tembak dengan kelompok MIT di Desa Tambarana, Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso belum lama ini.

“Dan kami buktikan kemarin kontak tembak tanggal 1 Maret 2021 di daerah Andole di Desa Tambarana, Kecamatan Poso Pesisir Utara, Kabupaten Poso di sana hidup beberapa orang penambang yang memang mendukung kelompok Ali Kalora cs ini, jadi diantar logistik dan sebagainya ini yang terjadi di wilayah Parigi Moutong,”tandasnya. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *