Dana Bidikmisi Mahasiswa Untad Dijanjikan Segera Cair

oleh -
Komisi IV DPRD Sulteng saat mendatangi Rektor Untad. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Dana beasiswa Bidikmisi yang belum sempat diterima ribuan mahasiswa Universitas Tadulako (Untad) Palu, saat ini mendapatkan angin segar.

Ketua Komisi IV, DPRD Sulteng, Alimuddin Paada bersama anggota DPRD Sulteng yakni Faisal Lahaja, Hidayat Pakamundi, Erwin Burase, dan Ibrahim Hafid langsung mendatangi pihak Untad Palu untuk membahas kendala pencairan dana Bidikmisi 700 orang mahasiswa Untad Palu penerima beasiswa Bidikmisi.

Alimuddin Paada mengatakan, seperti yang dia sampaikan sebelumnya bahwa keterlambatan pembayaran dana Bidikmisi karena masalah sistem keuangan yang berubah.

“Sama juga seperti di DPRD juga memang semua ini berubah bukan cuman di untad tapi di semua pemerintahan juga agak terlambat,”ujar Alimuddin kepada sultengnews, Rabu (24/03/2021).

“Apalagi ini memang uang tidak masuk ke rekening untad¬† tapi pencairanya langsung ke rekening mahasiswa jadi kendalanya ini hanya sistem keuanganya saja yang berubah,”sambungnya.

Menurutnya, alasan keterlambatan juga itu masalah data karena ada proses verifikasi, dimana adanya banyak data yang tidak sesuai kenyataan, misalnya yang bersangkutan memasukan data tidak mampu, padahal mampu. Jadi, kata dia, itu semua yang menjadi keterlambatan dan masalah teknisi.

Alimuddin juga mengungkapkan, bahwa mahasiswa yang belum menerima dana Bidikmisi dalam waktu dekat dijanjikan bahwa dana Bidikmisi tersebut akan dicairkan.

“Dan disampaikan kepada mahasiswa bahwa waktu dekat ini bakal cair dan masuk ke rekening mahasiswa,”ungkapnya.

Sementara, Wakil Rektor (Warek) I Bidang Akademik, Untad Palu, Dr. Lukman,M.Hum mengatakan, nama-nama penerima beasiswa Bidikmisi sudah di kirim semua sehingga tinggal menunggu beberapa hari kedepan akan sudah masuk ke rekening mahasiswa.

Lukman menyampaikan, untuk mahasiswa mohon bersabar saja karena akan segera dicairkan. Dan uang itu juga tidak masuk ke pihak Untad Palu, namun langsung masuk ke rekening mahasiswa.

Lebih lanjut, Lukman mengaku kendala keterlambatan karena ada perubahan aplikasi, kemudian ada perbaikan sistem di Kemendikbud sehingga tidak bisa terkirim.

“Karena memang pada umumnya pencairan itu awal bulan maret tapi karna datanya belum terkirim makanya lambat cair tapi sekarang sementara proses dan waktunya itu tidak lama dan mungkin beberapa hari ke depan sudah masuk di rekeningnya mahasiswa,”tutupnya. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *