Cerita Siswi SMKN 4 Palu dalam Merawat Lansia Selama Tugas Magang

oleh -
Beberapa siswi magang, berbagi cerita dan ikut membahagiakan Lansia. FOTO : IST

Belajarlah Untuk Berbagi Kebahagiaan, Senyuman Kepada Lansia

PALU, SULTENGNEWS.COM –Siswi SMKN 4 Palu jurusan Asisten Keperawatan sebanyak 20 orang, sejak mulai melaksanakan magang atau praktek kerja lapangan tanggal 4 April 2022 lalu, di Yayasan Alkautsar Palu, telah melakukan beberapa kegiatan-kegiatan keperawatan kepada anak-anak panti asuhan dan terkhusus kepada para Lanjut Usia (Lansia).

Ada siswi yang bertugas membersihkan kamar mandi Lansia, membersihkan lingkungan halaman, kamar Lansia, mengobati Lansia yang sedang sakit, menyuapkan makanan kepada Lansia, memberikan kata-kata motivasi hidup kepada para Lanjut Usia (Lansia) serta hal-hal lainnya yang dilakukan oleh siswi SMKN 4 Palu, sesuai dengan jurusan yang diambil yakni sebagai perawat yang memberikan kenyamanan kepada setiap orang, termasuk kepada anak-anak panti asuhan dan Lansia di Yayasan Alkautsar Palu.

Arta Mevia, dengan ditemani Chika, siswi kelas 11 Jurusan Keperawatan, selama kurang lebih 4 hari magang di Yayasan Alkautsar Palu, banyak hal yang sudah dilakukan dalam membantu dan merawat Lansia yang ada di yayasan Alkautsar Palu.

Baik itu dengan membersihkan kamar mandi Lansia, membersihkan kamar tidur Lansia, mengepel lantai, memberi makan Lansia, memandikan Lansia, berbagi cerita kepada Lansia agar Lansia tersenyum dan bahagia, merupakan bagian yang sudah menjadi tugas sebagai seorang perawat yang harus dijalani selama melaksanakan tugas magang atau praktek kerja lapangan.

“Sebagai perawat yah, sudah ini tugas yang harus kita lakukan. Tugas ini jangan dijadikan beban, akan tetapi jadikan ini sebagai amal baik yang perlu kita tanamkan kepada mereka (Lansia),” kata Arta Mevia kepada SultengNews.com, Kamis (7/4/2022).

“Setiap hari, baik di pagi hari, siang harinya, selama masih berada disini, sesuai dengan tugas yang sudah diatur oleh ketua kelompok, kita harus jalankan dengan ikhlas, tujuannya agar Lansia bisa tersenyum dengan kehadiran kita, bukan sebaliknya,” sambung Arta Mevia.

Selain itu, Regina dengan ditemani siswi lainnya, pun mengatakan demikian, mendampingi, merawat Lansia, tujuan utama selama pelaksanaan magang di Yayasan Alkautsar Palu.

Bahkan, Regina menambahkan, merawat Lansia di Yayasan Alkautsar Palu bagian dari pengalaman hidup yang harus disyukuri, karena bagaimana pun setiap manusia akan merasakan yang namanya menjadi tua.

“Yah, perlulah membiasakan untuk bisa dekat dengan mereka, bisa mengetahui apa keluhan dari mereka, apa yang mereka butuhkan, minimal kita bisa memberikan senyuman kebahagiaan kepada mereka (Lansia),” sebutnya.

“Ini bagian dari tugas dan kewajiban kita selama magang, selalu buat tersenyum kepada mereka (Lansia), agar mereka senang berada di dekat kita,” katanya menambahkan.ZAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.