Camat Palu Selatan: Peduli Lingkungan dengan Membuang Sampah Pada Tempat Yang Telah Disediakan

oleh -
Camat Palu Selatan Goenawan. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Pemerintah Kota Palu begitu intens dalam penanganan dan menjaga kebersihan lingkungan di masing-masing wilayah yang ada di kota Palu, diantaranya dalam penanganan tersebut dengan melibatkan tim satgas Adipura kota Palu dan unsur-unsur yang terlibat di dalamnya.

Lalu, bagaimana tanggapan Camat Palu Selatan dalam penanganan dan menjaga kebersihan lingkungan masyarakat di wilayah Palu Selatan sebagai wilayah yang dikenal sebagai wilayah penyumbang pendapatan ekonomi masyarakat melalui sektor Jasa.

Camat Palu Selatan Goenawan, menjelaskan, persoalan penanganan sampah di kota Palu termasuk di wilayah Palu Selatan, ini merupakan tanggung jawab bersama untuk menjadikan kota Palu dan wilayah lingkungan Palu Selatan agar bisa menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing.

Mengapa begitu penting menjaga kebersihan lingkungan, tentunya sambung Goenawan, karena selain untuk menghilangkan citra buruk atau penilaian buruk terhadap kota Palu sebagai kota terjorok, tentunya ini juga memberikan sisi manfaat yang baik bagi masyarakat dalam upaya berprilaku hidup bersih dan terhindar dari dampak stunting (kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi).

“Kita harus peduli dengan lingkungan tempat tinggal kita, peduli dengan kebersihan lingkungan, membuang sampah pada tempat yang telah disediakan, itu yang paling penting sebenarnya,” ungkap Goenawan kepada SultengNews.com, Kamis (11/8/2022).

“Dengan adanya program Adipura ini tentunya memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa kita harus memiliki kesadaran yang baik agar janganlah membuang sampah di sembarangan tempat,” sambung Goenawan.

Memang diakuinya, perlunya ada peran aktif dari setiap individu masyarakat yang dapat memberikan contoh baik dalam menangani dan menjaga kebersihan lingkungan.

Karena dengan adanya contoh yang baik yang diperlihatkan oleh setiap individu masyarakat, ini pula yang akan memberikan nilai positif baik bagi masyarakat sekitar untuk meniru dan mempraktekkan dalam pola menjaga kebersihan lingkungan.

“Sebelumnya soal penanganan kebersihan itu kan tidak terlalu menjadi persoalan yang penting bagi kita, bagi masyarakat. Artinya tidak ada terpikir bahwa sampah bisa memberikan efek yang kurang baik kalau buang sampah sembarangan,” sebutnya.

“Kalau kita memberikan contoh yang baik dengan menjaga kebersihan lingkungan, pasti orang lain akan meniru apa yang kita lakukan dan ini perlu memang kita lakukan,” katanya.

“Intinya, setiap kita, harus sadar untuk menjaga kebersihan lingkungan dimulai dari diri kita sendiri, lingkungan sekitar kita dan lainnya,” jelas Goenawan yang sebelumnya menjabat sebagai Kabag Humas Pemkot Palu.ZAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.