Camat Palu Barat : Belum Mengetahui Kapan Mulai Pembangunan Masjid Agung

oleh -
Camat Palu Barat, Kapau Bauwo. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Lokasi bangunan masjid Agung, berlokasi disekitar jalan Bantilan, kelurahan Baru, milik masyarakat Sulawesi Tengah yang terdampak oleh bencana gempa 28 September 2018 silam, hingga saat ini menyisakan sisa-sisa material dan rumput liar di sekitar bangunan masjid Agung.

Hingga saat ini pula, telah tiga tahun rusak dan roboh setelah terjadinya gempa 28 September 2018, belum ada tanda-tanda mulai akan dibangun kembali pada tahun ini.

Hal ini bisa dilihat dari hasil pantauan, rumput liar di sekitar lokasi sisa-sisa material bangunan semakin tinggi dan seakan tidak ada perawatan, begitupula sebaliknya masih adanya sisa-sisa material yang belum diselesaikan di lokasi bangunan masjid Agung.

Camat Palu Barat Kapau Bauwo, mengatakan, meskipun lokasi bangunan masjid Agung berada di wilayahnya, pihaknya sendiri tidak mengetahui persis kapan mulai dibangun kembali masjid Agung, sebagai ikon milik masyarakat Sulawesi Tengah tersebut.

“Untuk kepastian saya sendiri belum tahu kapan mulai dibangun. Baik tahun ini atau tahun depan,” kata kapau Bauwo kepada SultengNews.com, Selasa (29/3/2022) siang.

Hanya saja, sesuai dengan hasil pertemuan beberapa waktu lalu, sebut Kapau Bauwo, memang bangunan masjid agung tetap akan dibangun dengan biaya berkisar 290 miliar rupiah.

Apalagi dalam desain bangunan masjid yang disampaikan di pertemuan tersebut, menara masjid Agung Sulawesi Tengah, bisa dibilang tertinggi nomor dua sedunia setelah menara yang ada di masjid Mekkah, Arab Saudi.

“Anggaran 290 miliar rupiah, dari swadaya masyarakat, sama dari anggaran APBD. Yang jelasnya yang dibangun disitu nanti yaitu menara yang tertinggi sesudah menara masjid di Mekkah,” sambung Kapau Bauwo.

Selaku Camat Palu Barat, tentunya berharap pula agar masjid Agung bisa kembali dibangun sehingga dengan keberadaan masjid Agung, bisa digunakan kembali oleh masyarakat kota Palu dan masyarakat Sulawesi Tengah pada umumnya.

“Insya Allah, yah kita berharap bisa dibangun kembali, apalagi sudah ada informasi anggaran yang sudah disediakan,” harapnya.ZAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.