Calon Bupati Parimo Mulai Mencuat; Dua Calon akan Berebut Partai, Dua Lagi Berebut Simpati Keluarga

oleh -
FOTO : ILUSTRASI

Pesta Demokrasi Pemilihan Kepala Daerah di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), semakin menarik untuk diikuti dalam beberapa bulan kedepan. Apalagi Juni 2022 ini, tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) akan segera dimulai. Salah satu daerah yang cukup menarik perhatian publik adalah Kabupaten Parigi Moutong (Parimo).

Oleh : Mahful Haruna

Kabupaten Parigi Moutong yang terletak di bagian timur Kota Palu, menjadi salah satu kabupaten yang cukup menyita perhatian publik dalam beberapa bulan terakhir. Hal ini tentu memiliki alasan kenapa kabupaten ini bisa menarik perhatian publik.

Pertama, Pahlawan Nasional Pertama dari Sulteng berasal dari kabupaten ini yakni Raja Tombolotutu yang belum lama ini ditetapkan Presiden Jokowi sebagai Pahlawan Nasional dari Sulteng. Kedua, Kabupaten ini merupakan kabupaten terluas dan terpanjang serta terbanyak penduduknya di Provinsi Sulteng, sehingga pada Pemilu 2019 lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulteng menetapkan satu daerah pemilihan (Dapil) khusus di Kabupaten Parimo ini.

Ketiga, Kabupaten ini memiliki teluk terluas dan terbesar di Sulteng yakni Teluk Tomini yang terbentang luas mulai dari Provinsi Gorontalo, Kabupaten Tojo Una – Una (Touna) hingga Kabupaten Poso, sehingga pemerintah memasukkan kabupaten ini dalam pelaksanaan salah satu event nasional yakni Sail Tomini yang sukses diselengarakan tahun 2015 lalu. Keempat, Kabupaten ini memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang sangat melimpah seperti kelapa, cengkeh, padi, serta tanaman palawija untuk ketahanan pangan di Sulteng.

Kelima, kabupaten ini memiliki sumber daya pertambangan khususnya emas yang sangat besar di Sulteng.

Kelima hal yang disebutkan di atas, sudah cukup menjadi alasan kenapa Kabupaten Parimo selalu menjadi perhatian publik bukan hanya publik Sulteng, tapi juga Nasional bahkan Internasional. Konon perjuangan Raja Tombolotutu untuk mengusir penjajah belanda di kabupaten ini, karena ingin menyelamatkan kekayaan emas di daerah ini dari penjarahan para penjajah yang ingin mengambil hasil alam di Kabupaten Parimo.

Seiring dengan beberapa keistimewaan Kabupaten Parimo itu, maka tak heran jika suksesi kepemimpinan di daerah ini, juga cukup menyita perhatian publik dan menarik untuk diikuti.

Meski Pemilu Kepala Daerah baru akan dilangsungkan pada 27 November 2024 mendatang, namun sejumlah nama yang akan maju dan bertarung merebut kepemimpinan di daerah yang kaya emas ini sudah mulai bermunculan dan menjadi perbincangan luas dikalangan masyarakat. Bahkan beberapa nama sudah mulai mencuat ke public dan disebut – sebut bakal bertarung pada Pemilu Kepala Daerah di Kabupaten Parimo.

Dari beberapa nama yang mulai santer disebut – sebut akan maju, ada empat nama yang cukup menarik untuk dibicarakan dan diulas dalam tulisan ini.

Berikut nama – nama yang santer dan diperkirakan akan maju pada suksesi kepemimpinan di Kabupaten Parigi Moutong;

1. Amrullah Almahdali

Nama H. Amrullah Almahdali, tentu tak asing lagi bagi masyarakat Kabupaten Parigi Moutong. Pria yang sukses dalam bisnisnya ini, adalah mantan Anggota DPRD Sulteng dari Partai Demokrat Dapil Parigi Moutong pada tahun 2014 – 2019.

Amrullah Almahdali juga merupakan mantan Calon Bupati Parimo pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak tahun 2018 lalu, namun belum berhasil menjadi bupati karena kalah dari petahana H. Samsurizal Tombolotutu.

Amrullah Almahdali diprediksi akan kembali bertarung pada Pilkada Parimo tahun 2024 mendatang, meski ada juga yang menyebutkan bahwa dia kemungkinan akan maju sebagai Calon Anggota DPR RI Dapil Sulteng. Apakah H. Amrullah akan maju sebagai Calon Bupati atau Calon Anggota DPR RI menarik untuk ditunggu.

2. Erwin Burase

Nama Anggota DPRD Sulteng ini, juga disebut – sebut akan maju sebagai Calon Bupati Parimo pada Pilkada tahun 2024 mendatang. Apalagi Erwin Burase juga sebelumnya merupakan Calon Bupati pada Pilkada tahun 2018 lalu di Parimo, namun belum berhasil mengalahkan petahana H. Samsurizal Tombolotutu. Meski kalah dalam pemilihan bupati, Erwin Burase kembali terpilih sebagai Anggota DPRD Sulteng pada Pemilu tahun 2019 lalu. Ini menandakan bahwa Erwin Burase memiliki basis suara yang jelas dan pemilih loyal.

Olehnya, tak heran jika nama Erwin Burase juga masih santer disebut – sebut akan kembali maju sebagai Calon Bupati Parimo pada Pilkada tahun 2024 mendatang. Menarik untuk dinantikan apakah Erwin Burase akan tetap maju sebagai Calon Bupati atau tidak lagi.

3. Sayutin

Politisi Partai NasDem yang kini menjabat sebagai Ketua DPRD Parimo ini, juga disebut – sebut akan maju sebagai Calon Bupati Parimo pada PIlkada tahun 2024 mendatang. Nama Sayutin kini mulai dikenal luas oleh masyarakat Kabupaten Parimo, karena jabatannya sebagai Ketua DPRD Kabupaten Parimo.

Selain itu, dia juga merupakan Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Parimo yang menjadi pemenang pada Pemilu 2019 lalu di Parimo, sehingga membuat dirinya melenggang mulus menjadi Ketua DPRD Parimo. Namun langkah Sayutin untuk maju sebagai calon bupati, tak akan semulus langkahnya menjadi Ketua DPRD Parimo, karena ada kader NasDem lain yang juga memiliki potensi yang sama dan disebut – sebut juga akan maju sebagai Calon Bupati Parimo. Dia adalah Anggota DPRD Sulteng dari Partai NasDem yang juga dapil Parimo yakni Ibrahim A. Hafid.

Dengan demikian antara Sayutin dan Ibrahim A. Hafid akan bersaing dulu secara internal untuk memperebutkan simpati partai, siapa yang akan diusung oleh partai pemenang Pemilu di Parimo ini.

4. Ibrahim A. Hafid

Anggota DPRD Sulteng dari Dapil Parimo ini, semakin santer disebut akan maju sebagai Calon Bupati Parimo. Dia akan bersaing ketat dengan Ketua DPRD Parimo Sayutin untuk berebut simpati Partai NasDem siapa yang akan ditetapkan oleh partai untuk maju sebagai Calon Bupati Parimo. Apalagi, Partai NasDem merupakan pemenang Pemilu 2019 lalu di Parimo.

Siapa yang akhirnya akan dipilih dan ditetapkan Partai NasDem sebagai calon bupati antara Sayutin dan Ibrahim A.Hafid, menarik untuk dinantikan.

5. Moh. Nur Dg. Rahmatu

Nama politisi Partai Demokrat ini, juga makin santer disebut – sebut akan maju sebagai Calon Bupati Parimo pada Pilkada tahun 2024 mendatang. Anggota DPRD Sulteng dari Dapil Parimo ini, nampaknya sangat serius untuk maju sebagai calon bupati. Hal ini dapat dilihat dari kegigihannya merebut calon ketua DPC Partai Demokrat Parimo agar memuluskan langkahnya menjadii calon bupati dan mendapat restu dari partainya.

Jika akhirnya Moh. Nur Dg. Rahmatu mendapat restu Partai Demokrat maju sebagai Calon Bupati Parimo, namun langkahnya untuk menduduki kursi nomor satu di Kabupaten Parimo tidak akan berjalan mulus. Hal ini dikarenakan, keluarga besarnya yang akan menjadi basis suara utamanya akan terpecah, karena keluarganya yang lain yakni M. Nizar Rahmatu juga disebut – sebut akan maju sebagai Calon Bupati Parimo.

6. Nizar Rahmatu

Nama Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulteng ini, belakangan ini semakin santer disebut – sebut akan ikut ambil bagian dalam perhelatan pesta demokrasi Pilkada di Parimo. Namanya kini melambung tinggi, ketika mendapat kepercayaan sebagai ketua KONI Sulteng.

Sosok M. Nizar Rahmatu, tak bisa dipandang sebelah mata. Kemampuan komunikasinya, di atas rata – rata. Belum lagi sosoknya yang hambel dan mudah bergaul dengan semua kalangan, membuat M. Nizar Rahmatu mudah diingat semua kalangan.

Pembawaannya yang loprofile, makin menegukkan karekternya sebagai calon pemimpin yang layak bagi Parimo kedepan. Apalagi, kedekatannya dengan Gubernur Sulteng H. Rusdy Mastura menjadi nilai plus baginya, karena suara Rusdy Mastura di Parimo cukup signifikan saat maju sebagai Calon Gubernur pada Pilkada 2020 lalu.

Posisinya sebagai Ketua Umum KONI Sulteng, memudahkannya untuk bisa turun ke bawah untuk membina olah raga, yang merupakan kesenangan banyak pihak. Melalui olah raga, Nizar Rahmatu bisa begitu mudah dikenal masyarakat, serta bisa menyapa langsung masyarakat karena olah raga disenangani semua kalangan.

Jika kelak M. Nizar Rahmati juga mendapatkan kepercayaan partai politik untuk maju sebagai Calon Bupati Parimo, maka ganjalan pertamanya adalah terpecahnya suara keluarga besarnya jika Moh. Nur Dg. Rahmatu juga mendapat persetujuan partai untuk maju.

Bagaimana persaingan kedua keluarga ini, menarik untuk dinantikan.

Demikianlah enam nama Calon Bupati Parimo yang mulai santér disebut – sebut bakal maju bertarung pada Pilkada serentak tahun 2024 mendatang. Siapakah yang akhirnya benar – benar maju dan terpilih menjadi Bupati Parimo, kita tunggu endingnya pada Pilkada serentak 27 November 2024 mendatang. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.