Bupati Tolitoli Gratiskan Surat Keterangan Sehat

oleh -
Bupati Tolitoli, Moh Saleh Bantilan saat memimpin pertemuan dengan sejumlah camat di Aula media center penanganan covid 19, Rabu (3/5/2020). FOTO : IST

TOLITOLI, SULTENGNEWS.COM – Bupati Tolitoli, Moh Saleh Bantilan menekankan untuk tidak melakukan pungutan biaya surat keterangan sehat kepada warga yang hendak bepergian keluar daerah.

“Jangan ada lagi biaya yang diberlakukan kepada warga yang mau keluar kota, harus digeratiskan,” tegas Bupati dalam pertemuan bersama sejumlah camat di Aula media center penanganan covid 19, Rabu (3/5/2020).

Menurut bupati, gratis surat keterangan sehat itu telah disampaikan kepada pihak Rumah Sakit Mokopido Tolitoli saat dirinya berkunjung menemui pasien positif corona yang sedang dirawat di rumah sakit tersebut.

Bahkan bupati mengatakan kepada pihak Rumah Sakit Mokopido Tolitoli, untuk tidak menakut-nakuti masyarakat sehingga membuat pasien yang positif Covid 19 dikucilkan dikeluarga mereka.

“Mereka yang positif corona sekarang ini sehat-sehat ko. Jadi tidak usah takut dengan virus Corona, ini hanya bakteri, yang ditakuti itu sebetulnya penyakit TBC,” katanya.

Bupati juga mengatakan kalau dirinya bertemu pasien positif Covid 19 di Rumah Sakit itu, tanpa menggunakan Alat Pelindung Diri (APD). Olehnya, dia meminta kepada para camat untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat di wilayah kecamatan masing-masing, agar pasien yang terpapar corona tidak perlu ditakuti. Namun selalu menerapkan pola hidup sehat yaitu menggunakan masker dan menyediakan wadah pencuci tangan di rumah.

Dengan pemberlakukan penerapan new normal yang dimulai awal Mei tahun ini, diharapkannya masyarakat Kabupaten Tolitoli kembali malakukan aktifitas secara normal, karena kondisi ekonomi Tolitoli saat ini mulai terpuruk dengan banyak anggaran daerah yang terserap untuk penanganan Covid 19.

“Mudah-mudahan kebijakan pusat untuk penghentian penanganan covid 19 cepat disetop, supaya ekonomi masyarakat di Tolitoli menjadi baik dan normal,” tutup. LAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *