Bupati Sigi, Sampaikan 10 Program Unggulan Pada Pelaksanaan HUT ke-14 Tahun Kabupaten Sigi

oleh -
Bupati Sigi Mohamad Irwan saat menyampaikan 10 program dalam sambutannya pada pelaksanaan puncak HUT ke-14 Tahun, kabupaten Sigi, Senin (27/6/2022). FOTO : IST

SIGI, SULTENGNEWS.COM – Kemeriahan dari puncak Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Sigi ke-14 Tahun berlangsung di Lapangan desa Kotapulu Kecamatan Dolo, kabupaten Sigi, Senin (27/6/2022).

Peringatan Hari Jadi ini diawali dengan launching Kartu Sigi Masagena di Rumah sakit Torabelo oleh Bupati Sigi Mohamad Irwan.

Dalam peringatan HUT ini dilaksanakan Launching dan Penyerahan hasil Lomba kegiatan selama memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Sigi.

Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura yang bertindak sebagai Inspektur Upacara mengatakan, atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, mengucapkan Dirgahayu Kabupaten Sigi Ke-14 tahun.

“Semoga momentum ini dapat memperkuat sinergitas dan soliditas antara Pemerintah Sigi, DPRD Sigi, masyarakat Sigi dan elemen lainnya yang terus bersatu dalam mengelola Potensi yang ada untuk kemajuan Sigi yang lebih pesat,” ungkap gubernur Sulteng kepada SultengNews.com dalam sambutannya, Senin (27/6/2022).

Selanjutnya, gubernur mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bupati dan Wakil Bupati, dengan dibantu para ASN  yang telah bekerja keras untuk membuat terobosan-terobosan bagi kemajuan dan kesejahteraan  kabupaten Sigi dan beserta elemen lainnya, yang telah mengawal dan memberi masukan-masukan sesuai kapasitasnya untuk kebaikan bersama sesuai dengan kearifan lokal di Sigi “Mosi Popatora, Mosi Pakaroso, Ante Mosi Angga” Saling Mengingatkan, Saling Menguatkan, Saling Menghargai Dan Memuliakan.

“Hari lahirnya kabupaten Sigi ini adalah momen untuk menengok kebelakang sejenak untuk introspeksi dan mawas diri, serta untuk menyongsong masa depan yang lebih gemilang. Hari ini, sebuah amanat besar telah dibebankan kepada kita semua, sebuah amanat yang harus dipetanggungjawabkan di dunia dan akhirat,” sebutnya.

“Hari ini juga adalah penanda awal perjuangan dalam menghadirkan kebaikan dan keadilan bagi seluruh masyarakat kabupaten sigi,” sambung Rusdy Mastura.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Sigi Mohamad Irwan menyampaikan, 10 program lintas sektor, yang menjadi pendukung program unggulan, yang secara khusus diprioritaskan untuk percepatan dan penguatan pencapaian visi dan misi kabupaten Sigi dan menjadi kinerja lintas sektor perangkat daerah, yaitu:

  1. Penguatan Sigi Religi dengan penggiatan secara intensif desa berdzikir, desa mengaji dan membumikan Ratibul Al Haddad, serta beribadah bagi ummat kristiani. Penyelenggaraan wisata religi (berupa umroh bagi pegawai sara/imam masjid dan ke yerusalem bagi opsir/ pendeta);
  2. Penguatan Sigi Hijau terintegrasi dengan pengembangan ekonomi kerakyatan melalui pengembangan bank sampah, 10.000 pohon per desa, dan program sejuta bambu di sempadan sungai;
  3. Pembangunan pasar sentra hortikultura (buah dan sayur), pasar ikan air tawar dan pasar hewan. Pembangunan pasar sentra ini sudah masuk dalam dokumen RT/RW dan sudah terdapat kesediaan lahan.
  4. Pengembangan kawasan Sentra Peternakan Rakyat (SPR) di kecamatan Dolo Selatan, sentra pengembangan kawasan agribisnis pertanian organik di kecamatan Sigi Biromaru, Palolo, Nokilalaki, Dolo, Lindu, Kulawi, Kulawi Selatan, Pipikoro, dan Marawola Barat;
  5. Pengembangan wisata sungai di desa Kalukubula dan pengembangan wisata desa (11 desa, antara lain: Sibedi, Kalukutinggu, Toro, Mataue, Lawua, Balane, Karunia, Kaleke, Tomado, Wayu, Bora) dan wisata edukasi bekas likuifaksi serta pembangunan kebun raya Sidondo;
  6. Pembangunan jembatan Tinggede-Birobuli Selatan melalui kerjasama pemerintah daerah kabupaten Sigi dan Pemerintah Kota (Pemkot) Palu;
  7. Pembangunan dan penguatan pusat pengendalian operasi penanggulangan bencana (Pusdalops PB) baik bencana alam dan non alam;
  8. Gerakan mencintai produk lokal Sigi;
  • pembuatan film dan katalog cinta produk lokal Sigi Rp. 99.977.000 (sembilan puluh sembilan juta sembilan ratus tujuh puluh tujuh ribu rupiah).
  1. Perlindungan perempuan dan anak dan
  2. Penguatan adat dan budaya program lintas sektor bidang kebudayaan yaitu Rakor Adat, Seminar Kebudayaan dan Pendataan Dan Verifikasi Cagar Budaya.

Diakhir penyampaiannya Bupati mengajak seluruh masyarakat Sigi menjadikan usaha, memajukan kabupaten Sigi sebagai sebuah ibadah dan ikhtiar bersama bergotong royong, sebagai sebuah gerakan, pembangunan Sigi ke depan.

Hadir pada Upacara Peringatan HUT ke-14 Tahun yakni Ketua dan Anggota DPRD Dapil Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, Ketua, Para Wakil Ketua Dan Anggota DPRD Kabupaten Sigi, Para Bupati Provinsi Sulawesi Tengah, para Mantan Bupati Dan Pj. Bupati Sigi, Mantan Wakil Bupati Sigi, Ketua Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Donggala/Sigi, Rektor Universitas Provinsi Sulawesi Tengah, Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi, Mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi, Ketua Umum PB. Alkhairaat, Para Ketua-Ketua Adat Kabupaten Sigi.

Para Asisten, Para Kepala Dinas, Badan, Bagian Dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi, Pimpinan Instansi Vertikal Kabupaten Sigi, Ketua Forum Pemekaran Kabupaten Sigi Beserta Pengurusnya, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sigi Beserta Jajarannya, Ketua Dan Anggota Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Sigi, Camat Serta Para Kepala Desa Se-Kabupaten Sigi, Pimpinan Perbankan Sulawesi Tengah Dan Cabang Sigi, Pimpinan Organisasi Pemuda Kabupaten Sigi, Pimpinan NGO, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Insan Pers.ZAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.