Bupati Sigi: 75 Persen Wilayah Lembah Sigi Merupakan Kawasan Hutan

oleh -
Bupati Sigi Mohamad Irwan, dalam sambutannya sebelum penayangan atau pemutaran filem, di Diamond Kafe, desa Kabobona, kecamatan Dolo, Selasa (28/6/2022). FOTO : IST

Penyampaian Bupati Sigi Saat Menghadiri Pemutaran Film di Diamond Café Desa Kabobona

SIGI, SULTENGNEWS.COM – Bupati Sigi Mohamad Irwan menghadiri langsung pemutaran film yang berjudul “Hutan Untuk Siapa dan Diskusi Tata Kelola Hutan serta UU Cipta Kerja Untuk Siapa”.

Penayangan atau pemutaran film tersebut berlangsung di Diamond Cafe desa Kabobona, Kecamatan Dolo, Selasa (28/6/2022) malam.

Dengan dihadiri para Mahasiswa/mahasiswi asal kabupaten Sigi dan para mahasiswa pecinta alam serta disaksikan langsung oleh Kadis Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sigi, Moh. Afit Lamakarate.

Bupati Sigi Mohamad Irwan, menjelaskan dalam sambutannya, bahwa 75 persen wilayah lembah Sigi merupakan kawasan hutan.

Sebagian besar, kata dia, adalah hutan konservasi dan hutan lindung dalam lingkup Taman Nasional Lore Lindu (TNLL).

“Sebelumnya, pemerintah pusat menetapkan Kabupaten Sigi sebagai Kabupaten konservasi. Namun status itu ditolak Bupati Sigi, Mohamad Irwan,” ungkapnya kepada SultengNews.com belum lama ini.

Irwan sapaan akrabnya menguraikan, menolak status Kabupaten konservasi tersebut yang ditetapkan oleh pemerintah pusat, tetapi juga dirinya menjunjung tinggi nilai-nilai konservasi dalam artian ketika menjaga hutan, Bupati dua periode di Sigi itu, ingin ada nilai yang diberikan oleh pemerintah.

Lebih lanjut, Mohamad Irwan pun berharap UU Cipta Kerja bisa menyesuaikan dengan adat, budaya, kearifan lokal dan lingkungan yang ada.

Kegiatan tersebut juga di hadiri Peneliti Ecosoc Institue, Ketua ST-Mavatu dan Dosen Antropologi Untad (Universitas Tadulako) Palu. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.