Buka Pasar Ramadan; Wali Kota Palu : Bangun Potensi UMKM Lewat Pasar Kuliner Ramadan

oleh -
Walikota Palu H. Hadianto Rasyid bersama ketua PKK Kota Palu, Diah Puspita saat membeli jajanan di Pasar Kuliner Ramadhan usai resmi di buka, Ahad (03/04/2022). FOTO ; MOH NURFIANSYAH/SULTENGNEWS.COM

PALU, SULTENGNEWS.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Palu akhirnya kembali bisa menggelar pasar kuliner Ramadan yang terakhir terlaksana pada tahun 2018.

“Pasar kuliner Ramadan semacam ini terakhir kalinya di tahun 2018 lalu, setelah itu tidak ada pasar kuliner disebabkan beberapa hal seperti bencana alam, kemudian dihadapakan lagi dengan pademic Covid-19. Dan Alhamdulillah di tahun ini pasara kuliner Ramadan bisa terlaksa,” ujar Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid SE saat menyampaikan sambutan pada pembukaan pasar kuliner Ramadan di Lapangan Kantor Dispora Kota Palu, Ahad (03/04/2022).

Menurut Wali Kota, terlaksananya kegiatan pasar Ramadan ini tidak terlepas dari vaksinasi baik yang dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Palu, maupun pihak lain sehingga pelonggaran mobilitas kegiatan masyarakat dapat terlaksana.

“Ini juga merupakan upaya kita di Pemerintahan Kota Palu untuk mendorong potensi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) agar semakin eksis di Kota Palu,” ujar orang nomor satu di Kota Palu ini.

Wali Kota juga mengatakan bahwa Pemkot Palu akan lebih pintar melihat momen agar kedepannya pasar yang terlaksana saat ini, tidak hanya di bulan suci Ramadan, akan tetapi bisa di akhir pekan Sabtu atau Minggu.

“Lapangan vatulemo setiap akhir pekan pasti ramai, maka dari itu kegiatan pasar jajanan kedepannya nanti tidak hanya dilaksana pada bulan Ramadan, akan tetapi kita usahakan agar terlaksana di setiap akhir pekan agar potensi UMKM yang ada di Kota Palu ini berkembang,” terangnya.

Wali Kota menghibau kepada seluruh pedagang makanan di pasar Ramadan agar selalu menjaga ketertiban juga kebersihan.

“Kepada pedagang mohon menyiapkan tempat sampah masing-masing, dan petugas kebersihan harus memastikan bahwa setelah pelaksanaan pasar setiap harinya kawasan ini bersih lagi,” tegas Wali Kota.

Sementara itu, ketua panitia pelaksana yang juga ketua Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Palu, Diah Puspita mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan peran perempuan dalam bidang ekonomi khususnya kegiatan kuliner semacam ini.

“Kegiatan ini upaya untuk meningkatkan peran perempuan di bidang ekonomi khusunya kegiatan kuliner yang menyajikan makanan khas dan beragam yang tentunya higenis dan aman untuk di konsumsi, karena sebelumnya telah dilakukan sosialisasi oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palu,” katanya.

Dikatakan kegiatan pasar kuliner Ramdan ini, akan berlangsung selama bulan suci ramadan, yaitu dari tanggal 3 hingga 29 April 2022 mendatang. MAT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.