BRIDA Award Tahun 2023 Sudah Mencapai 80 Persen

oleh -
BRIDA Award Tahun 2023
Sekretaris BRIDA Sulteng, Agustin Tobondo. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – BRIDA Award kali perdana diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Provinsi Sulteng.

Kegiatan ini dilatar belakangi dengan adanya Peraturan Daerah No4 tahun 2021 tentang penyelenggaraan inovasi daerah yang mana pada pasal 36 ayat 1 dan ayat 2 menyebutkan bahwa Gubernur melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan inovasi daerah oleh perangkat daerah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota.

Sekretaris BRIDA Sulteng, Agustin Tobondo menjelaskan bahwa saat ini progres persiapan BRIDA Award sudah mencapai 80 persen. Pada saat ini juga BRIDA Provinsi Sulteng tengah melalukan upaya-upaya dalam menunjang keberhasilan kegiatan tersebut seperti pembersihan halaman kantor yang rutin dilaksanakan setiap hari jumat, yang mana rencananya halaman tersebut akan digunakan dalam rangkaian acara.

Pada acara BRIDA Award sendiri terdapat beberapa rangkaian kegiatan diantaranya seperti Penganugrahan Indeks Inovasi Daerah (IID) tingkat perangkat daerah lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dan juga tingkat BRIDA atau Bappelitbangda kab/kota se-Sulawesi Tengah, Penganugrahan¬† Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah (IPKD) kab/kota se-Sulawesi Tengah, Workshop hasil riset Megalith, Goa Prasejarah dan Islam Kosmopolitan Imam Sya’ban, pameran hasil riset, inovasi dan teknologi yang dilaksanakan oleh BRIDA Provinsi dan BRIDA/Bappelitbangda kab/kota se-Sulawesi Tengah, pameran produk unggul UMKM, launching kampung ristek dan pasar murah.

“Kegiatan ini tentunya akan melibatkan banyak stake holder dengan harapan upaya mewujudkan Sulawesi Tengah lebih sejahtera dan lebih maju dapat tercapai melalui pemanfaatan hasil riset dan inovasi dalam menunjang pembangunan daerah, yang mana kita juga mengundang BRIDA Regional yang ada di Sulawesi,” ungkapnya Jumat (10/11/23).

Banyaknya rangkaian pada acara BRIDA Award, Agustin Tobondo mengungkapkan bahwa BRIDA Provinsi Sulawesi Tengah berkolaborasi dengan beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) dalam menyukseskan acara tersebut, seperti berkolaborasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Prov. Sulteng serta Dinas Koperasi dan UMKM terkait persiapan pameran UMKM dan pasar murah. Tidak hanya itu, BRIDA Prov. Sulteng juga berkoordinasi dengan BRIDA atau Bappelitbangda kab/kota se-Sulteng terkait pelaksanaan pameran inovasi, sehingga nantinya kab/kota dapat menampilkan inovasi-inovasi terbaik yang mereka miliki.

Selanjutnya, nantinya acara ini akan dilaksanakan dilingkungan Kantor BRIDA Provinsi Sulawesi Tengah selama satu hari yaitu pada tanggal 7 desember 2023. Pemilihan tempat ini dianggap sudah cukup sesuai dengan rangkaian acara yang nantinya akan dilaksanakan, baik dari segi halaman maupun aula yang akan digunakan yang juga dapat mengefisienkan anggaran yang ada pada saat ini.

Dalam sesi wawancara tersebut Agustin Tobondo mengharapkan agar kedepannya acara ini tidak hanya dalam bentuk penganugrahan pada perangkat daerah lingkup provinsi dan juga kab/kota, tetapi dapat melibatkan masyarakat sert pelajar untuk berpartisipasi dalam menciptakan inovasi terbaik. Tidak hanya itu, hasil-hasil riset yang telah dilakukan dapat dimanfaatkan dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat di Sulawesi Tengah.

“Harapannya kami kedepannya kegiatan ini juga bisa lebih besar sehingga dapat melibatkan BRIDA se-Indonesia untuk hadir dan melihat potensi serta inovasi yang telah diciptakan oleh Provinsi Sulawesi Tengah” pungkasnya. ***

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.