BRPK Belum Keluar, Pleno Penetapan Caleg Terpilih Ditunda

oleh -

Suasana rapat pleno penetapan kursi dan caleg terpilih DPRD Kota Palu yang akhirnya ditenda karena Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BPRK) belum diterima KPU RI. FOTO : MAHFUL/SN

BPRK Belum Keluar, Pleno Penetapan Caleg Terpilih Ditunda

PALU, SULTENGNEWS.com – Rapat Pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan calon terpilih Anggota DPRD Kota Palu, yang dijadwalkan pada 3 Juli 2019 akhirnya ditunda karena Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BPRK) dari Mahkama Konstitusi (MK) belum keluar.

“Sehubungan dengan belum keluarnya Buku Registrasi Perkara Konstitusi dari MK, maka rapat pleno penetapan kita malam ini ditunda dulu sampai keluarnya BPKR,” ujar Ketua KPU Palu, Agussalim Wahid saat memimpin rapat pleno, Rabu malam (3/7/2019).



Menurut ketua KPU Palu, penundaan tersebut berdasarkan surat KPU RI nomor 986/PL.01.9-SD/03/KPU/VII/2019 tanggal 9 Juli 2019 perihal penetapan perolehan kursi dan calon terpilih hasil Pemilu Anggota DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota Tahun 2019 pasca putusan MK.

Dalam surat itu, KPU RI meminta KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota agar menunda penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih sebelum KPU RI menerima secara resmi Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) yang memuat data rekapitulasi daerah yang terdapat PHPU.

“Pernah ada kejadian di salah satu kabupaten di Sulteng, ada caleg yang sudah ditetapkan sebagai caleg terpilih oleh KPU setempat, namun setelah BRPK keluar, ternyata ada gugatan terhadap caleg itu. Insya Allah di Kota Palu tidak ada,” katanya.

Setelah menyampaikan penundaan rapat pleno itu, ketua KPU menyampaikan terima kasih banyak atas kehadiran para undangan seperti unsur pemerintah Kota Palu, Polres Palu, perwakilan partai politik, para caleg terpilih, panitia pemilihan kecamatan, serta panitia pemungutan suara tingkat kelurahan yang hadir pada rapat pleno yang akhirnya ditunda itu.

“Kita jadikan saja pleno kali ini sebagai ajang bersilaturahmi antara penyelenggara pemilu dengan peserta pemilu, karena belum lama juga selesainya lebaran,” katanya.

Sebelum menutup sidang pleno, ketua KPU juga menyampaikan terima kasih kepada Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Palu yang telah bekerja keras sehingga penyelenggaraan Pemilu di Kota Palu dapat berjalan dengan sukses.



Ucapan terima kasih juga disampakan kepada jajaran Polres Palu yang telah mengawal jalanya pelaksanaan Pemilu, sehingga dapat berjalan dengan aman tanpa ada gangguan sedikitpun.

“Saya juga menyampaikan terima kasih kepada rekan – rekan penyelenggara tingkat PPS dan PPK, yang sudah bekerja siang dan malam demi suksesnya pelaksanaan Pemilu tahun 2019 ini,” kata ketua KPU dan langsung menutup rapat pleno itu. FUL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *