BPOM Palu Lakukan Pengujian Sampel Takjil Ramadhan

oleh -
BPOM di Palu saat melaksanakan kegiatan KIE keliling di lima lokasi tempat  jajanan atau takjil Ramadhan. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Palu melaksanakan kegiatan KIE keliling di lima lokasi tempat  jajanan atau takjil Ramadhan yaitu di Jalan Cendrawasih, Merpati, Veteran, dan Balai Kota Selatan, Kamis (15/04/202).

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberi perlindungan kepada konsumen agar pangan yang dijual selama bulan Ramadhan aman untuk dikonsumsi dan mengedukasi pedagang takjil atau pedagang pasar terkait bahan berbahaya yang sering disalahgunakan dalam pangan,”ujar Kepala BPOM di Palu, Fauzi Ferdiansyah kepada sultengnews.

Pengujian sampel takjil Ramadhan, kata dia, merupakan bagian dari intensifikasi pengawasan pangan menjelang dan selama Ramadhan yang dilakukan setiap tahun, selain pemeriksaan sarana pangan.

“Sampel yang diuji adalah sampel takjil yang dicurigai mengandung bahan berbahaya. Bahan berbahaya yang biasa digunakan adalah formalin, boraks, rhodamin dan methanyl yellow yang seharusnya bukan untuk ditambahkan dalam pangan tapi untuk pengawet dan pewarna tekstil,”terangnya.

Fauzi menyebut, dari 5 lokasi diambil 28 sampel yang terdiri dari berbagai macam  es, kudapan dan gorengan dengan hasil uji semua memenuhi syarat untuk dikonsumsi sebagai pangan aman dari bahan berbahaya.

“Patut bangga, hari pertama pengujian takjil Ramadhan ini dengan hasil memuaskan yang menunjukan bahwa para penjual takjil di daerah tersebut sudah paham dan sadar akan pentingnya pangan aman,”sebutnya.

“Kegiatan ini akan terus dilanjutkan selama bulan Ramadhan ke lokasi lain yaitu palu timur, pasar inpres, jalan dewi Sartika dan Basuki Rahmat serta Palu barat,”tandas Fauzi. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *