BPKAD Kota Palu Tanggapi Soal Keterlambatan Pembayaran Gaji Tenaga Honorer

oleh -
Kepala Bidang Akuntansi Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Palu, Suradji. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Palu, menanggapi rumornya adanya keterlambatan pembayaran gaji tenaga honorer setiap bulannya di beberapa instansi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Palu.

Menurut Kepala Bidang Akuntansi BPKAD Kota Palu Suradji, BPKAD Kota Palu bisa mengeluarkan rekomendasi ke bank untuk pembayaran gaji tenaga honorer, jika instansi terkait telah mengajukan permintaan untuk pembayaran.

Hal ini diperumpamakan sama halnya dengan orang tua yang ketika anak-anaknya minta uang untuk keperluan pembayaran, namun anak-anak tersebut tidak meminta, tentunya sebagai orang tua bakal tidak memberikan uang tersebut.

“Kalau masih ada yang mengeluh-mengeluh dia luar berarti dia belum ba minta, hanya itu patokanku. Artinya belum meminta permintaan, kalau sudah tentu sudah dibayar,” ungkap Suradji kepada SultengNews.com, Selasa (17/5/2022).

“Saya perumpamakan sebagai orang tua, anak-anak minta uang, mau beli ini, mau bayar ini dan itu, kalau dia tidak pernah meminta uang, apanya yang mau dikasih,” sambung dia.

Dia pun menambahkan, seyognya setiap ada pengajuan dari bendahara pengeluaran di instansi masing-masing yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Palu serta meminta untuk pembayaran gaji tenaga honorer, selaku penanggung jawab dalam hal ini langsung menyetujui pengeluaran anggaran di BPKAD, dengan segera menindaklanjutinya.

“Masalahnya ada di bendahara keuangan masing-masing dinas terkait,” sebutnya.

“Kalau berkas pengajuan sudah masuk, kita langsung proses, dan tidak pernah pengajuan itu kita kasih bermalam, intinya di bendaharanya, sudah kasih masuk berkas atau belum,” kata Suradji.

Untuk itu, tegas Suradji, sebaiknya bendahara pengeluaran yang ada di masing-masing instansi agar senantiasa mempercepat memasukkan berkas ke BPKAD Kota Palu (khusus instansi yang belum), agar pihak BPKAD Kota Palu secepatnya memproses berkas tersebut, sehingga tidak ada stigma negatif kepada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Palu, terhadap keterlambatan pembayaran gaji tenaga honorer di lingkungan Pemerintah Kota Palu.

“Kita harap ada kerjasama yang baik, utamanya bagi bendahara pengeluaran di masing-masing instansi,” tegasnya.ZAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.