BPK Sedang Audit Penggunaan Anggaran Pemkot Palu Tahun 2021

oleh -
Kepala Bidang Akuntansi Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Palu, Suradji. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sedang mengaudit laporan keuangan Pemerintah Kota Palu tahun anggaran 2021, sebagai bentuk pertanggung jawaban dalam pengelolaan keuangan kas daerah kota Palu.

Kepala Bidang Akuntansi Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Palu Suradji, menyampaikan, belum bisa memastikan berapa jumlah angka secara real penggunaan anggaran tahun 2021 yang lalu.

Hal ini, kata dia, karena saat ini dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sedang mengaudit seluruh data-data keuangan yang ada di masing-masing instansi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota Palu.

“Kalau soal angka dari target realisasi anggaran tahun 2021, saya belum bisa pastikan berapa jumlahnya karena ini sementara di audit oleh BPK,” kata Suradji kepada SultengNews.com, Rabu (22/2/2022).

Untuk pemeriksaan penggunaan dan pengelolaan keuangan daerah di masing-masing OPD sendiri, lanjut dia, perlu beberapa minggu dalam menyelesaikan seluruh tahapan pemeriksaan yang dilakukan oleh tim audit BPK.

Sehingga nantinya jika proses pemeriksaan telah selesai, baru tahap selanjutnya dari pemeriksa BPK menyampaikan kepada pemerintah kota Palu terkait dengan laporan penggunaan anggaran beserta jumlah anggaran tahun 2021.

“Audit ini bisa sampai bulan Maret. Nanti setelah itu baru diketahui angka pastinya berapa anggaran tahun 2021, karena saya tidak bisa bicara tanpa dengan angka pasti,” ujarnya.

“Biasanya kalau setelah hasil pemeriksaan, BPK akan tentukan opini apakah pemerintah kota Palu mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), atau Wajar Dengan Pengecualian (WDP) atau sebaliknya dengan mendapatkan nilai opini Displiner (tidak dapat dipertanggungjawabkan),” sebutnya.

Untuk itu, tegas Suradji, agar pemeriksaan keuangan oleh tim audit dari BPK bisa terlaksana dengan baik, dapat menyelesaikan seluruh tahapan-tahapan pemeriksaan penggunaan keuangan tahun 2021, dihimbau kepada seluruh instansi di masing-masing OPD untuk bisa memberikan seluruh dokumen atau data penunjang kepada tim audit BPK.

“Makanya kita menghimbau kepada teman-teman OPD segera menyerahkan data-data realisasi, semua data-data belanja itu dilaporkan, rekap-rekap perjalanan dinas, semua aktivitas pertanggungjawaban keuangan itu. Ayo cepat disampaikan ke BPK datanya, supaya BPK dapat mengerjakan kerja-kerja mereka juga,” ucap Suradji.

“Mudah-mudahan hasilnya itu baik-baik saja, supaya kota Palu ini bisa dapat predikat terbaik lagi. Karena kita sudah delapan kali mendapatkan predikat terbaik. Insya Allah tahun 2021 kita mendapatkan predikat terbaik lagi dan masuk ke sembilan kali predikat terbaik secara berturut-turut,” harapnya.ZAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.