BPBD Kota Palu Panggil Warga Belum Dapatkan Huntap Datangi BPBD

oleh -
Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Kota Palu, Bambang Sabarsa saat ditemui sultengnews.com di kantor BPBD Kota Palu. FOTO : MIFTAHUL AFDAL

PALU, SULTENGNEWS.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palu, panggil warga yang belum dapatkan Hunian Tetap (Huntap) datangi kantor BPBD Kota Palu untuk cek  nama dan data masing-masing warga.

“Jadi warga yang merasa belum mendapatkan Huntap sekitar 4.255, ayo kemari, ayo lihat namanya di BPBD kota Palu,”ujar Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan BPBD Kota Palu, Bambang Sabarsa saat ditemui sultengnews, di kantor BPBD Kota Palu, Jumat (15/01/2021).

Bambang mengatakan, warga yang terdampak bencana tsunami, gempa, dan likuifaksi 28 September 2018 silam, bagi dia, harus proaktif karena BPBD Kota Palu tidak bisa mendatangi satu persatu warga yang belum mendapatkan Huntap.

“Jadi warga proaktif, BPBD tidak mungkin mendatangi ribuan warga, kita akan terus melayani ini ada beberapa penyintas yang mendatangi BPBD Kota Palu,”ucapnya.

Bambang menjelaskan, bagi warga yang sudah mengumpulkan berkas tidak serta merta mendapatkan Huntap. Sebab, kata dia, berkas tersebut perlu di verifikasi lagi.

“Jadi jangan seolah-olah sudah mengumpul semua berkas sudah layak dapat, tapi ini perlu kami verifikasi dulu,”jelasnya.

Menurut Bambang, untuk warga yang mendapatkan Huntap memiliki syarat terutama bagi warga yang terdampak khususnya rumah yang ditinggali sudah tidak bisa kembali dibangun lagi dan bermukim di zona merah.

“Karena yang mendapatkan Huntap itu ada prasyaratnya. Prasyaratnya itu dia harus punya rumah bukan pengontrak atau bukan kost atau, mohon maaf, bukan yang menumpang,”terangnya.

“Kedua rumahnya berada di zona merah, selebihnya itu tidak ada masalah, bahkan sampai saat ini kami masih melayani,”tandasnya. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *