BNN Kota Palu Bekuk Bandar dan Kurir Narkoba

oleh -
Tim BNNK Palu saat konferensi pers usai membekuk satu bandar dan satu kurir Narkoba. FOTO :IST

PALU,SULTENGNEWS.COM – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Palu, berhasil membekuk satu bandar dan dua kurir narkoba.

Pada pengungkapan kasus pertama pada tanggal 23 Februari 2021 lalu, BNN Kota Palu bekerja sama dengan BNN Kabupaten Donggala.

Adapun kronologis kejadian, tim BNNK Palu dan tim BNNK Donggala mendapat informasi bahwa ada transaksi narkotika jenis shabu di Kelurahan Kayumalue, kemudian kedua tim BNNK Palu dan BNNK Donggala langsung bergerak menuju Tempat Kejadian Perkara (TKP), namun ketika masih diperjalanan menuju TKP kedua tim melihat ciri-ciri tersangka (TS) lelaki inisial LK. AG di lampu merah Mamboro, alhasil tim BNNK Palu dan BNNK Donggala langsung menangkap dan menggeledah tersangka.

Dari hasil penggeledahan, kedua tim mengamanakan barang bukti (Babuk) 25 paket plastik klip bening serbuk kristal yang diduga shabu dengan berat bruto 32,60 gram, satu buah hanphone Android merek Vivo Y12 warna biru dengan nomor IMEI : 860919040890915 dengan sim card 082296302715, satu unit sepeda motor Vixion warna putih DN 5992 VO, satu buah kartu ATM BRI dengan nomor kartu 5221 8450 4213 5012, berdasarkan Babuk tersebut tersangka dibawah kantor BNNK Palu guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Setelah dilakukan pemeriksaan secara mendalam oleh tim BNNK Palu, ternyata tersangka mempunyai peranan sebagai prantara atau kurir dalam membeli shabu di Kelurahan Kayumalue pada LK. Aceng, dan selanjutnya shabu tersebut akan dikirmkan kepada LK inisial HS yang berada di Kabupaten Morowali.

Adapun pasal yang disangkakan terhadap pelaku yaitu pasal 114 ayat (2) Subsider pasal 112 ayat (2), lebih subsider pasal 127 ayat (1) huruf a, undang-undang No. 35 tahun 2009 tentang narkotika, dengan ancaman atau pidana paling singkat enam tahun dan paling lama 20 tahun.

Selanjutnya, pada pengungkapan kasus yang kedua tanggal 23 Mei 2021 lalu. Adapun kronologis pada kasus yang kedua tersebut, Awalnya tim BNNK Palu mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa ada transaksi narkoba di Jalan Basuki Rahmat Kelurahan Birobuli Kecamatan Palu Selatan.

Setelah mendapatkan informasi dari masyarakat, tim BNNK Palu langsung menuju TKP. Setelah tiba di TKP, tim BNNK Palu melihat ada dua orang lelaki TS berinisial Zul alias Enggo dengan TTL 10 September 1993 yang beralamat di Jalan Tanjung Persik dan TS berinisial AR alias Andi TTL 31 Maret 1992 yang beralamat di Jalan Beringin Kelurahan Nunu, setelah dilakukan pemeriksaan dan penggeledahan tim BNNK Palu mengamankan babuk 28 paket yang di duga shabu dengan berat bruto 15,76 Gram, satu buah timbangan digital, tiga pak plastik pembungkus shabu, empat buah macis gas, satu buah tas warna coklat, satu buah tas warna hijau, tiga buah kotak peyimpanan shabu, dua buah sendok shabu terbuat dari potongan pipet dan satu unit sepeda motor Mah merek Fino warna putih silver dengan No mesin : E3R2E-2294495.

Dengan hasil penggeledahan tersebut, kedua TS dibawah ke kantor BNNK Palu untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, setelah dilakukan pemeriksaan TS dengan inisial Zul alias Enggo merupakan bandar shabu dan TS inisial AR alias Andi merupakan kurir narkoba.

Adapun pasal yang disangkakan kepada kedua pelaku yaitu pasal 114 ayat (2), subsider pasal 112 ayat (2) lebih subsider pasal 132 ayat (1) huruf a, undang-undang No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman atau pidana penjara paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 tahun. MAT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *