BKKBN Sulteng : Jangan Takut Ke Faskes Untuk KB Ditengah Pandemi Covid 19

oleh -
Kasubid Advokasi dan KIE BKKBN Sulteng, Aprianto Parubak. FOTO : MIFTAHUL AFDAL

PALU, SULTENGNEWS.COM – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulawesi Tengah, mengimbau masyarakat jangan takut ke fasilitas kesehatan (Faskes) untuk melakukan KB.

Hal itu disampaikan Kasubid Advokasi dan KIE BKKBN Sulteng, Aprianto Parubak saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (03/07/2020).

Dia mengungkapkan, program KB sebagai dukungan terhadap pernyataan Gubernur Sulteng belum lama ini, untuk menunda kehamilan ditengah pandemi Covid-19.

“Imbauan gubernur itu untuk menunda masa kehamilan, karena berhubungan dengan kondisi fisik ibu hamil yang rentan tersampak Covid-19, juga sebagai kontrol populasi sebagai tugas BKKBN,” ungkapnya.

Dia mengatakan, masyarakat khususnya untuk ibu-ibu tidak perlu takut untuk mendatangi faskes di daerah masing-masing, karena pelayanan di fakeskes tetap memerhatikan protokol Covid-19, sebab dalam pelayanan SOP harus di perhatikan.

Begitu pun kata dia, penyuluh KB di lapangan diwajibkan untuk mengikuti protokol kesehatan untuk memberikan sosialisasi, baik itu kepada kader KB maupun masyarakat.

“Jadi silahkan ke fakeskes jangan sampai KB putus, hanya karena takut mengakses alat-alat kontrasepsi, karena faskes di tempat masing-masing juga menggunakan protokol kesehatan,” ujarnya.

Dia juga menambahkan, sampai saat ini BKKN Sulteng masih memberikan pembinaan kepada penyuluh melalui virtual.

“Untuk pembinaan, kami lakukan secara virtual kepada penyuluh. Namun untuk penyuluh dan kader membina secara langsung dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” tutupnya. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *