Bersama 14 Lembaga Lainnya, PKBI JMK OXFAM Inisiasi Pembentukan Forum Kelompok Rentan Tingkat Provinsi Sulteng

oleh -
Senior Officer Program PKBI JMK OXFAM, Nining Rahayu saat menyampaikan struktur Forum Kelompok Rentan Tingkat Provinsi Sulteng. FOTO : MAHFUL (MEDCOM PKBI JMK OXFAM)

PALU, SULTENGNEWS.COM – Keberadaan kelompok rentan menjadi salah satu fokus pendampingan PKBI JMK OXFAM bersama beberapa lembaga Non Govermental Organization (NGO) lainnya di Palu, Sigi dan Donggala (PASIGALA) pasca bencana gempa bumi 28 September 2018 lalu.

Sebagai salah satu NGO yang hingga kini masih aktif melakukan pendampingan program pemulihan terhadap korban bencana di PASIGALA, PKBI JMK OXFAM terus mendorong agar pemerintah benar – benar memberikan perhatian serius terhadap kelompok rentan yang sering kali terabaikan dalam pemenuhan hak – haknya.

Bapak Yusuf Staf Dinas Sosial Provinsi Sulteng saat menyampaikan masukan – masukan terkait kebutuhan kelompok rentan khususnya disabilitas. FOTO : MAHFUL (MEDCOM JMK OXFAM)

Salah satu upaya kongkrit yang telah dilakukan PKBI JMK OXFAM adalah dengan membentukan Forum Kelompok Rentan di 33 desa dampingan, Forum Kelompok Rentan Tingkat Kecamatan, Forum Kelompok Rentan Tingkat Kabupaten dan Forum Kelompok Rentan Tingkat Provinsi Sulteng.

Namun, PKBI JMK OXFAM sadar betul bahwa untuk mengurus dan memperjuangkan hak – hak kelompok rentan, tidak bisa dilakukan sendiri oleh PKBI JMK OXFAM seberapa pun kerja keras yang dilakukan.

Olehnya itu, PKBI JMK OXFAM mencoba mengajak semua NGO yang melakukan pendampingan di PASIGALA bersama Dinas Sosial Provinsi Sulteng, bersama – sama bergabung dalam wadah Forum Kelompok Rentan Tingkat Provinsi yang lebih besar dimana semua lembaga bisa bergabung dan mengambil peran siapa melakukan apa.

Pada Jumat (6/11/2020), PKBI JMK OXFAM melakukan Focus Group Discussion (FGD) bertempat di Kantor Dinas Sosial Provinsi Sulteng dengan mengundang 19 lembaga NGO termasuk Dinas Sosial Provinsi Sulteng.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial (Rahsos) Dinsos Sulteng, Drs. H. Suandi saat ikut dalam FGD Pembentukan Forum Kelompok Rentan Tingkat Provinsi Sulteng. FOTO : MAHFUL (MEDCOM PKBI JMK OXFAM)

Namun yang sempat hadir langsung di Kantor Dinas Sosial Sulteng dan yang mengikuti FGD via Zoom hanya 15 lembaga termasuk Dinas Sosial Sulteng. Sementara empat lembaga lainnya tidak sempat hadir.

Pada FGD ini, disepakati lah pembentukan Forum Kelompok Rentan Tingkat Provinsi yang di dalamnya diisi oleh 15 lembaga yang hadir termasuk Dinas Sosial Provinsi Sulteng. Kesediaan 15 lembaga untuk mengisi struktur pengurus, adalah penyempurnaan dari Forum Kelompok Rentan Tingkat Provinsi yang telah dibentuk sebelumnya oleh PKBI JMK OXFAM.

“Kami mengajak semua lembaga yang melakukan pendampingan korban bencana di PASIGALA, untuk sama – sama masuk dalam struktur Forum Kelompok Rentan Tingkat Provinsi agar kita bisa berbagi peran siapa melakukan apa,” ujar Senior Oficer Program PKBI JMK OXFAM, Nining Rahayu dalam FGD di Dinas Sosial Sulteng, Jumat (6/11/2020).

Nining mengaku, meski PKBI JMK OXFAM telah membentuk Forum Kelompok Rentan Tingkat Provinsi Sulteng sebelumnya, namun hal itu belum terlalu efektif untuk bisa memperjuangkan hak – hak semua kelompok rentan di Sulteng khususnya korban bencana di PASIGALA. Itulah sebabanya, sehingga PKBI JMK OXFAM mengajak semua pihak untuk ikut terlibat dalam perjuangan hak – hak kelompok rentan di Sulteng.

Sementara itu, Officer Advokasi, Inklusi dan PRB, Maspa yang menjadi moderator dalam FGD itu menyampaikan, perjuangan untuk pemenuhan hak – hak kelompok rentan adalah tugas semua pihak utamanya Dinas Sosial Provinsi Sulteng sebagai leading sector penangan kelompok rentan.

“Kita semua harus bisa mengambil bagian dalam memperjuangan hak – hak kelompok rentan di Sulteng,” katanya.

Suasana Focus Group Discussion (FGD) Pembentukan Forum Kelompok Rentan Tingkat Provinsi di Kantor Dinas Sosial Sulteng. FOTO : MAHFUL (MEDCOM PKBI JMK OXFAM)

Maspa menyampaikan, agar keberadaan Forum Kelompok Rentan Tingkat Provinsi Sulteng makin terlihat gaungnya, PKBI JMK OXFAM bersama 14 lembaga lainnya serta Dinas Sosial Sulteng akan melakukan Lauching Forum Kelompok Rentan yang telah terbentuk pada 10 November 2020 bertepatan dengan peringatan hari pahlawan.

“Kami sudah merencanakan untuk melakukan lauching Forum Kelompok Rentan ini pada 10 November 2020 dengan melakukan road show kebeberapa lokasi di Kota Palu,” terangnya.

FGD yang dibuka Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial (Rahsos) Dinsos Sulteng, Drs. H. Suandi itu akhirnya menyepakati akan melakukan luauching pada 10 November 2020 serta melakukan Road Show di beberapa daerah di Kota Palu.

“Saya sangat mengapresiasi kepedulian teman – teman NGO terhadap kelompok rentan di Sulteng. Semoga forum ini, benar – benar menjadi wadah untuk memperjuangkan kebutuhan dan hak – hak kelompok rentan,” katanya.

Berikut kategori kelompok rentan yang disepakati masuk dalam forum tersebut yakni lanisa, disabilitas, anak, ibu hamil, ibu menyusui, korban kekerasan seksual, perempuan kepala keluarga (janda), orang dengan HIV AIDS (ODA), Korban Trafficking, orang dengan kebutuhan sesk berbeda, waria, serta kelompok minoritas lainnya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.