Bentuk TPAKD, Langka Tingkatkan Percepatan Akses Keuangan di Bangkep

oleh -
Pejabat (Pj) Bupati Banggai Kepulauan (Bangkep) Ihsan Basir menerima kunjungan audiensi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sulawesi Tengah di Kantor Bupati Banggai Kepulauan, Kamis (8/9/2022). FOTO : OJK SULTENG

BANGKEP, SULTENGNEWS.COM – Pejabat (Pj) Bupati Banggai Kepulauan (Bangkep) Ihsan Basir menerima kunjungan audiensi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sulawesi Tengah di Kantor Bupati Banggai Kepulauan, Kamis (8/9/2022).

Hadir dalam pertemuan tersebut, Wakil Kepala OJK Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Andri Arsasi beserta tim dan anggota Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) yang terdiri dari perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan perwakilan Perbankan di Kabupaten Banggai Kepulauan.

Dalam pertemuan tersebut, selain menyampaikan tujuan dan maksud pembentukan TPAKD Banggai Kepulauan, Andri Arsasi juga menjelaskan rencana program kerja dan program tematik TPAKD Nasional yang dapat diselaraskan dengan program kerja pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan.

“TPAKD merupakan forum koordinasi antar pemangku kepentingan dan juga Pelaku Usaha Jasa Keuangan di daerah. Percepatan akses keuangan tentu akan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dengan harapan mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera,” ujar Andri Arsasi.

Dikatakan, keberadaan TPAKD Kabupaten Banggai Kepulauan saat ini menjadi sangat penting sebagai katalis ekosistem perekonomian daerah, dengan peningkatan akses keuangan khususnya melalui program Kredit/Pembiayaan Melawan Rentenir, diharapkan tidak ada lagi kendala bagi pelaku UMKM untuk mengakses permodalan serta bagi masyarakat luas ini dapat menjadi peran aktif pemerintah daerah untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan, agar seluruh produk dan layanan lembaga jasa keuangan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.

Sementara Pj Bupati Banggai Kepulauan, Ihsan Basir memberi apresiasi dan menyambut baik dorongan OJK dalam pelaksanaan program kerja TPAKD di Kabupaten Banggai Kepulauan.

“Kami berharap TPAKD di Kabupaten Banggai Kepulauan, dapat memberikan kontribusi penuh tidak hanya dalam pemberian akses keuangan kepada masyarakat khususnya pelaku UMKM yang ingin mengembangkan usahanya, namun juga mengenalkan produk jasa keuangan sejak dini kepada pelajar agar kita dapat menanamkan budaya menabung sejak dini,” ujar Ihsan Basir.

Dengan adanya TPAKD ini, diharapkan dapat bersinergi untuk menggali potensi daerah khususnya di kabupaten Banggai Kepulauan pada sektor pertanian dan perikanan. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.