Beberapa Sekolah di Kota Palu Masih Kekurangan Siswa

oleh -

PALU, SULTENGNEWS.com – Masih minimnya pemahaman terkait kebijakan tentang sistem zonasi bagi penerimaan siswa baru, membuat beberapa sekolah di Kota Palu masih menggalami kekurangan jumlah siswa yang mendaftar.

Hal itu dikemukakan Kepala Dinas Pendidikan Kota Palu, H. Ansyar Sutiadi, S.Sos saat berbincang dengan sultengnews.com di ruang kerjanya, Senin (15/7/2019).

Menurut Ansyar Setiadi, beberapa sekolah yang megalami kekurangan siswa tahun 2019 ini diantaranya, SMPN 4 Palu, SMPN 9 Palu dan SMPN 19 Palu. Pihak Dinas Pendidikan Kota Palu akan mencarikan solusi agar ketiga sekolah itu bisa mencukupi kuota penerimaan siswa barunya masing – masing.

“Sekolah yang memiliki kelebihan siswa baru semisal SMPN 1 Palu dengan jumlah pendaftar mencapai 400 siswa lebih, sebagian akan dialihkan ke sekolah lain, karena kapasitas daya tampung sekolah itu hanya bisa 352 siswa,” terang mantan Asisten I Pemkot Palu ini.

Menurutnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan sehingga beberapa sekolah mengalami kekurangan jumlah Pendaftar Peserta Didik Baru (PPDB) seperti banyaknya sekolah swasta yang sudah membuka pendaftaran penerimaan siswa baru lebih awal, serta beberapa sekolah negeri yang tidak mampu bersaing dengan beberapa sekolah swasta dan negeri lainnya.

Meski demikian lanjut Ansyar, pihaknya telah melakukan komunikasi dengan para orang tua siswa terkait pemindahan sejumlah siswa yang kelebihan, karena dalam Permendikbud hanya boleh menerima 11 rombongan belajar (rombel) atau ruang kelas. Dalam 1 rombel, terdiri dari 32 siswa dan minimal untuk rombel adalah 28 siswa.

“Untuk permasalahan zonasi yang terjadi dibeberapa sekolah, akan menjadi perhatian khusus. Sebab untuk Kota Palu, sudah 3 tahun berturut turut telah melaksanakan sistem zonasi, sehingga permasalahan di tahun ini tidak terulang ditahun selanjutnya,” tutupnya. NAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *