Bawaslu Rekomendasikan 19 TPS di Sulteng Pemungutan Suara Ulang

oleh -
Proses perhitungan suara disalah satu TPS di Kota Palu. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Hingga Jumat (11/12/2020), Bawaslu Sulawesi Tengah (Sulteng) mencatat ada 19 tempat pemungutan suara (TPS) yang direkomendasikan melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU).

Ketua Bawaslu Sulteng Jamrin mengatakan, data tersebut terpantau dari laporan rekapitulasi tembusan rekomendasi yang masuk dan bersiap melakukan pengawasan melekat.

Jamrin mengatakan, 19 TPS yang direkomendasikan PSU tersebar di tujuh kabupaten. Ada empat kabupaten yang  masing-masing 1 TPS, terdiri TPS 003 Desa Sabang Kabupaten Tolitoli, TPS 004 Kelurahan Luwuk Kabupaten Banggai, TPS 004 Desa Sumber Agung Kabupaten Parigi Moutong, serta TPS 004 Desa Dondo Barat Kabupaten Tojo Una Una.

Sementara di Kabupaten Sigi ada tiga TPS yang akan PSU yakni TPS 001 Desa Pewunu, TPS 002 Desa Kaleke dan TPS 003 Desa Towulu. Untuk Kabupaten Morowali Utara, terdapat 5 TPS yang direkomendasikan PSU yakni di TPS 003 Desa Peleru, TPS 001 Desa Mondowe, TPS 004 Desa Bungintimbe, TPS 001 Peboa dan TPS 002 Desa Momo.

Sedangkan di Kabupaten Poso, terdapat 7 TPS yang direkomendasikan PSU terdiri dari TPS 004 Desa Watuwau, TPS 002 Desa Tampemadoro, TPS 003 Desa Soe, TPS 001 Desa Mapane, TPS 008 Kelurahan Kayamanya, TPS 002 Kelurahan Kawua dan TPS 001 Desa Tambarana.

Atas rekomendasi PSU ini, Jamri mengaku telah menginstruksikan jajaran Bawaslu Kabupaten/Kota hingga pengawas ad hoc (sementara) seperti Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), Panwas Kelurahan/Desa dan Pengawas TPS guna melakukan proses pengawasan PSU sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Harus dipastikan bahwa batas waktu PSU hanya  empat hari setelah pemungutan suara yaitu sampai hari Minggu nanti melaksanakan PSU,” tuturnya.

Selain dengan jajaran pengawas pemilihan di tingkat bawah, Jamrin mengaku telah melakukan koordinasi dengan KPU Provinsi terkait dengan ketersediaan surat suara PSU. Dirinya mengingatkan kepada KPU untuk melakukan koordinasi dengan aparat keamanan dan petugas yang bertugas di TPS.

Terakhir, Jamrin menyebutkan Bawaslu Sulteng bakal menurunkan personil dalam mengawasi pelaksanaan PSU di beberapa kabupaten. Dia berharap PSU tersebut bisa berjalan dengan lancar dan aman.***

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *