Bawaslu Nyatakan Siap Lakukan Pengawasan Protokol Kesehatan Saat Kampanye

oleh -
Kantor Bawaslu Kota Palu. FOTO : ADHY RIFALDY/SN

PALU, SULTENGNEWS.COM – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Palu, siap melakukan pengawasan terhadap bakal pasangan calon Walikota Palu selama masa kampanye.

Ketua Bawaslu Kota Palu, Ivan Yudharta mengatakan Bawaslu Kota sampai ke pengawas tingkat kecamatan dan kelurahan menyatakan siap melakukan pengawasan kegiatan- kegiatan kampanye yang dilaksanakan oleh pasangan calon Walikota.

Dalam prosedur kampanye, bakal pasangan calon walikota harus meminta izin kepihak kepolisian lalu tebusannya ke pihak Bawaslu dan KPU.

“Mekanisnya harus ada pemberitahuan kepolisian dan tembusannya nanti ke Bawaslu dan KPU, kenapa harus ke pihak kepolisian, ini terkait dengan tingkat keamanan. Apalagi ada pegawasan protokol kesehatan,” jelas Ivan, Jumat (25/9/2020).

Ivan menambahkan, pihak Bawaslu juga sudah menekankan mulai dari pusat hingga tingkatan kelurahan akan melakukan pengawasan mengenai protokol kesehatan.

Apabila tidak mematuhi dari protokol kesehatan, akan diberikan peringatan secara tertulis untuk dibubarkan.

“Untuk dimasa pandemi ini, pertemuan-pertemuan hanya pertemuan terbatas dan pertemuan tatap muka dengan jumlah peserta 50 orang saja, tidak lebih dari jumlah tersebut dan jarak sekitaran satu meter perorang,”ujarnya.

Bawaslu juga sudah melakukan sosialisasi ketingkatan pasangan calon (Paslon) melalui LO masing- masing calon. Ini sudah dirapatkan dan sudah ada komitmen untuk mengikuti protokol kesehatan.

Ketua Bawaslu menegaskan, pihaknya akan menjadi ujung tombak menjaga kesehatan masyarakat.

“Kalau Paslon tidak mengikuti apa yang kita sampaikan untuk mengikuti protokol kesehatan, dalam jangka 1 jam maka Bawaslu akan meminta aparat untuk memubarkan,” tegasnya.

Hal ini dilakukan secara tegas, karena Pihak Bawaslu Kota Palu melalui Bawaslu Sulteng sudah diberikan perintah dari Bawaslu RI untuk memperoses pelanggaran pidananya.

“Jika adanya pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan pasangan calon, maka Bawaslu akan melakukan penindakan,” tandasnya. RDL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *