Bawaslu Kota Palu Berikan Rekomendasi Penundaan Penetapan DPT

oleh -
Bawaslu Kota Palu saat memberikan rekomendasi penundaan penetapan DPT. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM- Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Palu, memberikan rekomendasi  penundaan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Jadi penetapan DPT sesuai dengan hasil pertimbangan dan kajian kita di Bawaslu, bahwa belum ada yang sinkron terkait data,”ujar Ketua Bawaslu Kota Palu, Ivan Yudharta, di Hotel Best Western Palu, Jumat (16/10/2020).

Dikatakan, penundaan penetapan DPT tersebut, sekaitan dengan masukan dari salah satu Pasangan Calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Palu bahwa adanya daftar pemilih ganda sebanyak 60.367 pemilih.

“Sampai dengan sore tadi baru tiga kecamatan yang bisa mensinkronkan data terkait dengan masukan ada 60.366 pemilih data ganda dari salah satu Paslon,”ungkapnya.

“Oleh karena itu, kami mengeluarkan rekomendasi. Karena ini DPT jika sudah ditetapkan maka tidak bisa dirubah lagi,”tambahnya.

Ivan menjelaskan, ketika dari sekian jumlah DPT masih ada yang harus di kurangi berarti akan berubah pula datanya, ketika ditetapkan pada hari ini (16/10/2020) dan ditemukan masih banyak data yang ganda nanti kesulitan untuk memperbaikinya.

“Jadi walaupun ini di akhir tahapan pemuktahiran, tapi berdasarkan Peraturan Bawaslu nomor 9 tentang pengawasan pemuktahiran data pemilih  ada ketentuan yang bisa melakukan rekomendasi untuk penundaan, apabila masih ada saran perbaikan terkait data pemilih,”tandasnya. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *