Bawaslu Buka Perekrutan Komisioner Bawaslu Banggai, Ini Daftar Timselnya

oleh -
Kantor Bawaslu RI

PALU, SULTENGNEWS.COM – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia (RI), membuka pendaftaran komisioner Bawaslu Banggai yang akan mengisi kekosongan empat Komisioner Bawaslu sebelumnya yang telah diberhentikan secara tetap oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) pada Rabu, 4 November 2020.

Empat Komisioner yang diberhentikan DKPP yakni Bece Abd Junaid (Anggota merangkap Ketua), Muh. Adamsyah Usman, Nurjana Ahmad dan Marwan Muid. Keempat komisioner itu dinilai telah melanggar etika, karena tidak cermat dengan mengeluarkan rekomendasi surat nomor 502/K.ST-01/PM.05.01/V/2020 perihal penerusan pelanggaran administrasi pemilihan tertanggal 1 Mei 2020 yang merekomendasikan Tidak Memenusi Syarat (TMS) Pasangan Hirwin Yatim – Mustar Labolo.

Atas pemberhentian tetap empat komisioner Bawaslu Banggai itu, kini Bawaslu RI membuka pendaftaran kepada masyarakat yang berminat menjadi penyenggara pemilu yang bertugas mengawasi jalannya pemilihan sebagai Komisioner Bawaslu Banggai.

Komisioner Bawaslu Sulteng, Zatriawati mengatakan, perekrutan kembali Komisioner Bawaslu Banggai, karena Pengganti Antar Waktu (PAW) sudah habis.

“PAW sudah habis, sebelumnya DKPP sudah memberhentikan 2 komisioner terdahulu. Dua Calon PAW juga mundur dan fokus menjadi tim sukses,” kata Zatriawati melalui Group WatsApp Forum Pemilu Sulteng, Sabtu (21/11/2020).

Menurut Zatriawati, karena yang diberhentikan hanya empat orang, maka yang akan diganti juga hanya empat orang. Namun yang akan diseleksi delapan orang, karena empat orangnya lagi akan disiapkan sebagai calon PAW.

“Memilih 8 orang, selanjutnya akan dipilih lagi 4 orang untuk ditetapkan dan dilantik,” kata Wati, sapaan akrab Komisioner Bawaslu Sulteng Divisi SDM ini.

Untuk merekrut empat Komisioner Bawaslu Banggai, Bawaslu RI telah mengumumkan lima orang Tim Seleksi (Timsel) yang terdiri dari akademisi, profesional dan praktisi hukum di Sulawesi Tengah (Sulteng).

Nama – nama Timsel itu tertuang dalam Pengumuman Nomor 0394/BAWASLU/SJ/HK.01.00/XI/2020 tentang pembentukan Tim Seleksi Calon Anggota Bawaslu Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah.

Kelima Timsel yang diumumkan ditetapkan berdasarkan Keputusan Bawaslu RI Nomor 0386.A/BAWASLU/SJ/HK.01.00/XI/2020 tanggal 17 November 2020 tentang penetapan Anggota Timsel Anggota Bawaslu Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah.

Berikut nama – nama Timsel yang akan bertugas menyeleksi calon Komisioner Bawaslu Banggai.

  1. H. Muhtadin Daeng Mustafa, M.Hi
  2. Moh. Tavip, SH, MH
  3. Cristian Tinjabate, M.Si
  4. Musir A. Madja, SH, MH
  5. Arif Nur Alam

Keputusan itu ditetapkan di Jakarta, 19 November 2020 yang ditandatangani Sekretaris Jenderal Bawaslu RI, Dr. Gunawan Suswantoro atas nama Ketua Bawaslu RI. FUL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *