Basarnas Palu Tutup Ops Siaga SAR Khusus Nataru 2020 Sampai 2021

oleh -
Kepala Basarnas Palu, Andrias Hendrik Johannes. FOTO : Humas Basarnas Palu

PALU, SULTENGNEWS.COM – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kota Palu melaksanakan apel penutupan Operasi (Ops) siaga SAR khusus Natal dan Tahun Baru (Nataru) sejak 18 Desember 2020 sampai 04 Januari 2021.

“Kantor pencarian dan pertolongan Palu kita sudah melaksanakan apel siaga penutupan siaga khusus Natal dan Tahun Baru 2020 dan 2021 yang dilaksanakan dari tanggal 18 desember 2020 sampai hai 4 Januari 2021,”ujar Kepala Basarnas Palu, Andrias Hendrik Johannes, saa ditemui sultengnews di kantor Basarnas Palu, Selasa (05/01/2021).

Andrias mengatakan, siaga SAR khusus Nataru dilaksanakan secara mobile dan penempatan pos utamanya berada di Basarnas Palu.

“Kita melaksanakan patroli setiap hari di tempat-tempat keramaian seperti di transportasi umum yakni di Bandara Mutiara Sis Al-Jufri, Pelabuhan Penyeberangan Pantoloan dan terminal bis dan angkutan kota serta provinsi, kemudian tempat-tempat wisata yang ada di kota Palu maupun pos-pos yang berada di wilayah kerja kantor Basarnas Palu,”ucapnya.

Selama pelaksanaan siaga SAR khusus Nataru, kata Andrias, pihaknya memantau berbagai pelaksanaan gerak lalu lintas darat dan udara di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) untuk bisa dapat teratasi dengan baik.

“Semua penumpang dapat dilayani dari mulai mudik sampai arus balik, sehingga tidak ada penumpukan, baik di terminal, bandara, dan pelabuhan,”katanya.

Bahkan, Andria menyebut, dalam melaksanakan siaga SAR khusus Nataru, Basarnas Palu juga dihadapkan dengan operasi SAR, sehingga kesiapsiagaan diperlukan, namun semuanya bisa dilaksanakan secara berkala sesuai dan berdasarkan rencana Ops siaga SAR khusus Nataru 2020 sampai 2021.

“Ditempat yang kita pantau di bandara, pelabuhan, terminal, dan tempat wisata selama pelaksanaan SAR khusus Nataru tidak ada indikasi kecelakaan, karena kita melaksanakan tertib dan menghimbau kepada masyarakat di lokasi agar tetap mematuhi protokol kesehatan covid-19, sehingga tertangani dengan baik,”sebutnya.

Andrias menerangkan, Basarnas Palu sebelumnya melakukan pencegahan awal dibarengi dengan patroli siaga SAR khusus Nataru untuk menghimbau kepada masyarakat agar mematuhi 3 M,  menjaga jarak, mencuci tangan, memakai masker.

“Sejauh ini tidak ada kendala dilapangan selama siaga SAR khusus Nataru semuanya teratasi dengan bantuan tim terpadu yang berada di posko seperti di bandara, pelabuhan, dan terminal bisa kita kordinasikan bersama dengan para petugas yang melaksanakan siaga SAR khusus Nataru,”tandasnya. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *