Basarnas Dibantu Sejumlah Pihak Evakuasi Korban Longsor Tambang di Buranga

oleh -
Proses evakuasi kepada korban longsor di tambang emas Desa Buranga, Kecamatan Ampibabo, Kabupaten Parigi Moutong. FOTO : MIFTAHUL AFDAL

PARIMO, SULTENGNEWS.COM – Sejumlah korban yang masih tertimbun longsor di lokasi Pertambangan Tanpa Izin (PETI) di Desa Buranga, Kecamatan Ampibabo, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) masih dilakukan evakuasi.
Berdasarkan pantauan sultengnews.com, Basarnas Palu, Polres Parimo, Tagana Dinas Sosial Parimo serta dibantu sejumlah warga terus melakukan evakuasi terhadap para penambang yang diperkirakan masih tertimbun longsor semalam.

Kepala Basarnas Palu, Andrias Hendrik Johannes mengatakan, informasi bencana longsor di Desa Buranga, Kecamatan Ampibabo, Kabupaten Parimo, terjadi pada pukul 18.15 Wita, namun Basarnas Palu kata dia, menerima laporan sekira pukul 23.00 Wita, sejak tadi malam, sehingga pihaknya mengintruksikan personil yang berada di Kabupaten Parimo untuk langsung bergabung dengan tim yang sudah ada di lokasi.

“4 orang personil dari Kabupaten Parimo menyusul kami yang masuk sekitar pukul 03.00 Wita, kami sendiri yang memimpin 8 orang dengan sejumlah peralatan,”kata Andrias Hendrik Johannes, saat ditemui sultengnews.com di lokasi tambang emas, Desa Buranga, Kamis (25/02/2021).

“Untuk Basarnas Palu keseluruhan ada 12 orang yang akan bergabung dalam Tim SAR Gabungan,”lanjut Andrias.
Andrias mengungkapkan, Tim SAR Gabungan terdiri dari Polres Parimo, Tagana Dinas Sosial dan Basarnas Palu, selanjutnya akan membentuk posko untuk data korban dan jumlah kekuatan Tim SAR Gabungan.

Andrias menyebut, meski dalam situasi berduka. Akan tetapi, penerapan protokol kesehatan covid-19 tetap dilaksanakan.

“Tapi di sekarang ini juga kita masih dalam kondisi pandemi covid-19, walaupun dalam keadaan berduka tapi tetap mematuhi protokol kesehatan covid-19,”sebutnya.

Andrias menambahkan, pihaknya menyiapkan 50 kantong jenazah dalam proses evakuasi terhadap korban longsor di PETI Desa Buranga.

“Kami siapkan kantong jenazah 1 satu ball, isi 1 ball ada 50 kantong jenazah, tapi kami harapkan jumlahnya tidak sebanyak itu,”tandasnya.DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *