Baru 63 Nelayan di Kelurahan Mamboro Dapat Bantuan Perahu

oleh -
Para Nelayan di Kelurahan Memboro yang mendapatkan bantuan perahu dari Iskindo yang bekerjasama dengan Banyan Tree Global Foundation (BTGF). FOTO : MIFTAHUL AFDAL

PALU, SULTENGNEWS.COM – Dari 115 orang jumlah nelayan di Kelurahan Mamboro, baru 63 nelayan yang mendapatkan bantuan perahu. Sementara 52 lagi sisanya, belum mendapatkan bantuan sama sekali.

Bantuan perahu pertama, sebanyak 9 perahu dari relawan. Selanjutnya, 21 perahu dari Koalisi Rakyat Untuk Keadilan Perikanan (Kiara). Kemudian 23 perahu dari Pemerintah Kota Palu dan 10 perahu dari Iskindo dan Banyan Tree Global Foundation (BTGF), sehingga total yang sudah mendapatkan bantuan sebanyak 63 nelayan.

Ketua Kelompok Nelayan Kelurahan Mamboro Barat, Akip, berharap 52 lagi rekannya yang belum mendapatkan bantuan juga segera mendapatkan, agar semua bisa melaut dan bangkit dari keterpurukan setelah bancana 28 September 2018 lalu.

“Adanya bantuan dari Iskindo yang bekerjasama dengan Banyan Tree Global Foundation (BTGF), kami sangat bersyukur dan bertima. Sudah begini yang masyarakat inginkan, sesuai dengan harapan dalam hati masyarakat,” ujar Akip, saat penerimaan bantuan perahu dari Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia (Iskindo) dan Banyan Tree Global Foundation (BTGF) di lapangan sepak bola Kelurahan Mamboro Barat, Jum’at (06/03/2020).

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palu, Ir. H. Burhan Hamading, MH, dalam kesempatan itu berharap, semoga semangat kewirausahaan di Kota Palu bisa terus berkembang melalui usaha mikro di perikanan. Pemerintah Kota Palu sendiri, telah memberikan bantuan dalam bentuk perahu, meskipun belum semua nelayan yang dapat.

“Pemerintah Kota Palu, akan terus berupaya agar nelayan bisa melaut. Sebab, dengan adanya perahu bisa menafkahi keluarga secara mandiri,” ucap Burhan.

Pemerintah Kota Palu kata Burhan, pada hakikatnya menginginkan agar kegiatan seperti yang dilakukan Banyan Tree Global Foundation (BTGF) dan Iskindo dapat di sebarkan, sehingga lembaga lainnya bisa ikut berpartisipasi juga.

“Pemerintah Kota Palu mewakili masyarakat, mengucapkan terimakasih kepada Iskindo dan Banyan Tree Global Foundation (BTGF) dalam membangun kembali perekonomian masyarakat pacsa bencana melalui bantuan ke penyintas,” ucapnya

“Sebagaimana masyarakat dari kelurahan Mamboro Barat, Kelurahan Panau dan Kelurahan Pantoloan yang mendapatkan bantuan ini, diharapkan bisa menjaga bantuan sebaik – baiknya, agar bisa lama digunaka,” tutupnya. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *