Bapemperda DPRD Sulteng Gelar Rapat Pembahasan Raperda Yang Tertunda

oleh -
Suasana rapat Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bampemperda) bersama instansi terkait di gedung DPRD Sulteng. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Mandeknya pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) akibat Covid 19, membuat Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bampemperda) DPRD Sulteng bersama Pemerintah Daerah Sulteng terpaksa berencana melakukan perubahan sejumlah Propamperda Tahun 2020 untuk dibahas kembali.

Rapat yang digelar pada Kamis (16/7/20) di Ruang Baruga Kantor DPRD Sulteng dipimpin langsung oleh Ketua Bampemperda, H Hasan Patongai SH serta dihadiri sejumlah anggotanya masing masing, Bram A Toripalu SH, Zainal Abidin Ishac ST, Erwin Burase SE, HM Nur Dg Rahmatu serta HM .Thahir.

Sedangkan dari mitra hadir dari Biro Hukum, Dinas Bina Marga dan Dari Dinas ESDM juga dihadiri Sekwan Hj Tuty Zarfiana, SH, M.Si serta tenaga ahli. Dalam rapat tersebut juga menghadirkan dinas ESDM dan dinas Bina Marga.

Hadirnya pejabat dari ESDM Provinsi Sulteng dan dari Dinas Bina Marga, karena pada kesempatan tersebut juga diagendakan membahas tentang kelanjutan Raperda CSR bagi perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan dan Raperda Rencana Tata Ruang Wilayah (RT/RW) Provinsi Sulteng yg sdh sangat mendesak untuk segera di tetapkan.

”Dua Raperda tersebut dinilai mendesak untuk segera dibahas. Semula Promperda tahun 2020 menjadwalkan lebih 21 buah Raperda, 8 diantaranya merupakan inisiatif DPRD dan selebihnya usulkan dari eksekutif,” ujar Hasan Patongai.

Namun akibat mewabahnya Covid 19, maka Bamperda kemudian mengkaji sesuai skala prioritas Raperda yang akan dibahas dan ditetapkan pada tahun 2020 hanya 9 Raperda dengan rincian inisiatif DPRD 4 buah dan 5 buah dari eksekutif.

“Dengan dijadwalkannya kembali pembahasan Raperda untuk ditetapkan pada tahun 2020 ini, maka akan dibentuk Pansus Raperda menyesuaikan dengan jumlah Raperda yang dibahas pada masa persidangan ke 3 tahun 2020 ini,” tandas Hasan Patongai. ***

Sumber : HumPro Setwan DPRD Sulteng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *