Banyak Anggaran KPU Tolitoli Diserap Penyelenggara Pilkada

oleh -
Pejabat Pembuat Komitmen KPU Tolitoli, Ovelio L

TOLITOLI, SULTENGNEWS.COM – Anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2020 sebesar Rp33,4 Miliar di KPU Kabupaten Tolitoli, paling banyak dipergunakan untuk penyelenggara Pilkada desember mendatang

“Dari Rp33,4 Miliar uang KPU paling banyak dipergunakan untuk belanja honorarium Pokja PPK, PPS, KPPS, PPDP dan tahapan persiapan pelaksanaan Pilkada,” ungkap Pejabat Pembuat Komitmen KPU Tolitoli, Ovelio L, Rabu (01/07/2020)

Selain biaya penyelenggara dan oprasional administrasi di KPU, ada juga anggaran untuk protokoler kesehatan Copid 19 sebesar Rp2,4 Miliar.

“Belanja Covid 19 di KPU ada sembilan item, diantaranya pembelian masker, pelindung wajah, cairan disekfektan, hend sanitizer, sabun cair cuci tangan, tisu kering dan lainnya,” tambah Ovel.

Besaran anggaran yang begitu besar dipersiapkan untuk belanja peralatan medis di KPU Tolitoli itu merupakan hasil rasionalisasi dari pergeseran anggaran yang tidak sempat dipergunakan pada tahapan yang tertunda karena pandemi corona tiga bulan silam.

“Anggara yang tidak sempat digunakan karena tahapan Pilkada yang sempat terhenti itu meliputi anggaran perjalanan luar daerah, calon perseorangan hingga ditutupnya pendaftaran tak satupun yang mendaftar,” urainya.

Dalam belanja untuk protokoler kesehatan senilai Rp2,4 Miliar tersebut, KPU Kabupaten Tolitoli dipastikan akan mengikuti aturan undang-undang yang dipersyaratkan gugus tugas Copid 19 Tolitoli.

“Peralatan medis yang dibelanja nanti bersarkan hasil keputusan rapat bersama tim gugus tugas Tolitoli, jadi tidak akan ada yang menyimpang. Semuanya sesuai aturan yang berlaku,” katanya. LAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *