Banjir Poso, PT Poso Energy Diminta Bertanggung Jawab

oleh -
Dua karyawan PT. Poso Energy saat memantau pelaksanaan pekerjaan di pintu air Danau Poso. FOTO : IST

POSO, SULTENGNEWS.COM – Forum Rakyat Poso Bersatu (FRPB) mendesak PT Poso Energy bertanggung jawab atas musibah banjir yang melanda pemukiman masyarakat Poso.

“Sulit untuk tidak mengatakan, bahwa banjir yang melanda Poso sekarang adalah dampak dari normalisasi pintu danau Poso oleh PT Poso Energy,” ujar Rizki, Ketua Forum Rakyat Poso Bersatu, Jumat (1/5/2020).

Menurut Brer sapaan akrab Rozki, banjir ini tidak bisa dilepaskan dari tanggung jawab PT Poso Energy.

“PT Poso Energy harus bertanggung jawab jangan cuma datang ambil untung atas nama kelistrikan,” ujarnya lantang.

Ketua Forum Rakyat Poso Bersatu (FRPB), Rizki atau yang akrab disapa Brer. FOTO : IST

Dikatakan, program penataan Sungsi Danau Poso telah berlangsung kurang lebih satu tahun. Poso Energy melakukan normalisasi pintu danau Poso sepanjang 12,8 kilometer yang merupakan kelompok bisnis milik keluarga Jusuf Kalla.

“Debit air meningkat dan menenggelamkan Kota Poso, karena pintu alam danau Poso dinormalisasi. Kita sudah mengingatkan sejak awal, bahwa alam danau Poso bisa dihitung dalam keadaan normal, tapi dalam situasi banjir seperti sekarang siapa yang bisa menghitung debit air apalagi tekanan hujan,” kesalnya sebagaimana dilansir periwaraku.com jejaring sultengnews.com

Seperti diketahui, PT Poso Energy merupakan pemilik pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Poso I & Poso II bersumber dari air Danau Poso. PT Poso Energy memasok listrik ke jaringan distribusi PLN wilayah Sulteng & PLN Wilayah Sulselra.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *