Banjir Kulawi ; Dilaporkan 5 Rumah Hilang, 6 Rusak Sedang

oleh -
Salah satu rumah yang mengalami rusak berat akibat di terjang Banjir Bandang di Desa Bolapapu, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi. FOTO : IST

SIGI,SULTENGNEWS.COM – Akibat banjir bandang yang terjadi di Desa Bolapapu, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, pada sabtu sore hingga malam, (8/8/2020) sedikitnya lima rumah warga hilang di sapu banjir tersebut.

“Tim SAR gabungan telah melaksanakan operasi SAR hari ke dua. Yang terlaporkan ada 11 rumah yang terdampak banjir bandang. Lima rumah hilang di sapu banjir dan enam rumah di antaranya rusak sedang,” ujar Kepala Basarnas Kota Palu, Andrias Hendrik Johannes, kepada sultengnews.com, Minggu (09/08/2020).

Dikatakan, sekitar 40 jiwa yang terdampak akibat banjir bandang yang terdiri dari 22 orang dewasa dan 18 orang anak-anak.

“Semuanya telah dievakuasi ke tempat yang lebih aman dalam keadaan selamat,”ucapnya.

Andrias menuturkan, saat ini tim Basarnas gabungan sedang membantu masyarakat Desa Bolapapu untuk membersikan sisa material yang dibawa arus banjir bandang.

“Tim Basarnas gabungan sedang membantu masyarakat Desa Bolapapu untuk membersihkan sisa-sisa material yang berserakan di desa tersebut, terutama akses jalan menuju Desa Bolapapu,”tuturnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulteng, Bartholomeus Tandigala mengungkapkan, intensitas hujan yang sangat lebat dari pukul 18.36 wita, mengakibatkan terjadinya luapan air sungai matawue, sehingga terjadi banjir bandang yang membawa material.

“Unit TRC BPBD Sulteng beserta aparat desa dan masyarakat melakukan gotong royong pembersihan material banjir,” tutupnya.

Hingga kini belum diketahui berapa jumlah pastinya kerugian material akibat banjir itu. Namun dari banyaknya rumah yang hilang dan rusak, diperkirakan kerugian material akibat banjir itu mencapai ratusan juta rupiah. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *