Ayo Kuliah di Fakultas Syariah UIN Datokarama Palu

oleh -
DEKAN Fakultas Syariah (Fasya) UIN Datokarama Palu, Dr. Ubay Harun. FOTO : IST

Memiliki Empat Prodi dalam Menciptakan Mahasiswa Berwawasan Hukum dan Berkeadilan

PALU, SULTENGNEWS.COM – Fakultas Syariah UIN Datokarama Palu memiliki empat Program Studi (Prodi), diantaranya Prodi Perbandingan Madzhab (S1), Hukum Ekonomi Syariah (S1), Hukum Keluarga Islam (S1), dan Hukum Tata Negara Islam (S1) yang memiliki keahliannya masing-masing. Dengan tujuan sebagai tagline dari Fakultas Syariah yakni menciptakan mahasiswa berwawasan hukum dan berkeadilan.

Dekan Syariah UIN Datokarama Palu Dr. Ubay Harun, S.Ag, M.Si, mengatakan, Fakultas Syariah dengan memiliki empat Program Studi, dapat mewakili dari pilihan masyarakat Sulawesi Tengah pada umumnya dan masyarakat kota Palu pada khususnya, dalam rangka menimbah ilmu dan berkuliah hanya di fakultas Syariah UIN Datokarama Palu.

Untuk itu, selaku Dekan Syariah, mengajak putra-putri terbaik Sulawesi Tengah, baik siswa yang bersekolah di SMA, SMK kejuruan maupun siswa-siswi dari pondok pesantren, untuk tidak segan-segan memilih Fakultas Syariah sebagai tempat pilihan yang cocok dalam berkuliah di kampus UIN Datokarama Palu.

“Ayo bergabung dan masuk kuliah di fakultas Syariah UIN Datokarama Palu, yang memiliki visi yaitu membentuk atau menciptakan mahasiswa fakultas Syariah, dapat menguasai ilmu Syariah dan ilmu Hukum sekaligus. Sebagaimana tagline kami, menciptakan mahasiswa berwawasan hukum dan berkeadilan,” kata Ubay Harun kepada SultengNews.com, Kamis (10/3/2022).

Dr. Ubay Harun, memberikan keistimewaan di masing-masing Prodi yang ada di fakultas Syariah sebagai pilihan terbaik bagi siswa-siswi yang ingin melanjutkan perkuliahan di kampus UIN Datokarama Palu.

Diantaranya, ingin menjadi politisi islam, maka fakultas syariah itu menyiapkan Prodi khusus untuk bisa mengantarkan mereka menjadi praktisi politik islam di masyarakat.

Begitupula dengan yang ingin mendalami ilmu perbandingan madzhab, ingin menjadi ulama yang betul-betul menguasai ilmu Fiqih, studi perbandingan hukum dalam islam, ada Prodi khusus yang bisa mengantarkan ke pilihannya tersebut.

Selain itu, Ubay Harun pun menambahkan, ingin menjadi hakim, ingin menjadi praktisi hukum islam plus hukum positif, jadi pengacara, maka ada Prodi yang disiapkan di fakultas Syariah, yaitu Prodi Hukum Keluarga Islam.

Termasuk, Prodi Hukum Tata Negara Islam, itu biasa disebut dengan hukum politik islam belum ada di Sulawesi Tengah, dan satu-satunya yang membuka hukum tata negara islam adalah fakultas Syariah UIN Datokarama Palu.

“Masing-masing Prodi memiliki keistimewaan masing-masing, tinggal adik-adik calon mahasiswa yang menentukan, memilih Prodi yang sesuai dengan keinginannya sendiri. Artinya, Di fakultas Syariah, dapat menampung seluruh pilihan yang diinginkan oleh adik-adik siswa yang ingin berkuliah di kampus UIN Datokarama Palu,” sambung Dr. Ubay Harun.

Dr. Ubay menambahkan, nantinya bagi calon mahasiswa yang berkuliah di fakultas Syariah dengan memiliki keempat Prodi tersebut, selain menerima teori-teori di dalam perkuliahan atau yang biasa disebut dengan menerima pengajaran sesuai dengan kurikulum.

Di fakultas Syariah sendiri pula, mahasiswa akan diberikan pengajaran secara pelatihan praktek dari apa yang selama dalam perkuliahan diterima, dengan sebutan istilah Kokurikuler.

“Teori perkuliahan itu kita kuatkan dalam bentuk kegiatan Kokurikuler. Seperti praktek Peradilan Semu (dilatih mahasiswa untuk menyelesaikan perkara, seperti perceraian dan sebagainya), pelatihan-pelatihan Para Legal, dan sejenisnya,” sebutnya.

“Kami juga mendatangkan dari lembaga-lembaga yang kerjasama dengan Fakultas Syariah, kantor pengadilan tinggi agama, kantor pengadilan Agama Palu, untuk memberikan materi pembekalan KKP. Ini semua kegiatan yang kita lakukan untuk memberikan penguatan, pemahaman kepada mahasiswa setelah mereka menerima teori di perkuliahan,” sambung dia.

“Pada dasarnya setiap Prodi memiliki keahliannya masing-masing, dengan ditunjang oleh kegiatan Kokurikuler tersebut,” tutup Dr. Ubay Harun.ZAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.