ATR/BPN Tolitoli Akan Atasi Rumah Warga Terkena Musibah Kebakaran

oleh -

Salah seorang ibu mencoba mengambil sisa – sisa kebakaran yang masih bisa dimanfaatkan di antara puing – puing bangunan yang terbakar. FOTO : IST

TOLITOLI, SULTENGNEWS.COM – ATR/BPN Kabupaten Tolitoli akan turun tangan mengatasi perbaikan ratusan rumah warga yang hangus terdampak musibah kebakaran di Tolitoli Sulawesi Tengah.




“Ada empat macam upaya yang rencananya dilakukan, upaya ini pastinya bisa membantu masyarakat yang menjadi korban kebakaran di Kelurahan Sidoarjo Kecamatan Baolan,” kata Kepala ATR/BPN Tolitoli, Nurdin Y Kunoli.S.si kepada media ini, Selasa (04/02/2020).

Menurut Nurdin, sikap yang diterobos ATR/BPN Tolitoli yakni melakukan Inventarisasi penguasaan, pemilikan, penggunaan, dan pemanfaatan Tanah (IP4T) di wilayah itu, termasuk diantaranya melakukan konsolidasi tanah atau penataan kembali terhadap lokasi yg terkena dampak kebakaran dengan maksud mencegah terjadinya pemukiman kumuh.

“Konsolidasi tanah dimaksudkan untuk sarana jalan, karena akses jalan yang sulit sehingga mobil pemadam tak bisa dapat memadamkan api,” tandas kepala ATR/BPN itu.




Bukan hanya itu, setelah melakukan penataan ulang, pihaknya juga akan melakukan pemberian legalisasi Asset (Sertipikat) termasuk diantaranya Acces Reform yaitu kegiatan pemberdayaan masyarakat, salah satunya melalui kemudahan memperoleh fasilitas kredit degan bunga rendah, berupa pembangunan perumahan yang diperuntukkan bagi Masyarakat yang Berpenghasilan Rendah (MBR).

“Karena sebagian besar masyarakat di wilayah tersebut adalah masyarakat ekonomi lemah degan mata pencaharian buruh pelabuhan dan nelayan,” sebutnya.




Musibah kebakaran yang menghanguskan 385 rumah milih warga di wilayah itu Pemkab Tolitoli akhirnya menetapkan masa tanggap darurat selama 14 hari sejak musibah.

Penetapan tersebut dilakukan setelah pemerintah setempat menggelar rapat koordinasi di kantor Sekretariat Daerah (Setdakab), Senin (03/02/2020). LAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *