Anwar Hafid: Hanya Kekuasaan Bisa Tekan Industri Besar Untuk Perhatikan UMKM

oleh -
Anwar Hafid
Anggota Komisi V DPR RI, Dr. Anwar Hafid, M.Si. FOTO : IST

JAKARTA, SULTENGNEWS.COM – Anggota Komisi V DPR RI, Dr. Anwar Hafid, M.Si mengatakan hanya kekuasaan yang mampu menekan perusahaan industri besar untuk dapat memberdayakan Usaha Minkro Kecil Menengah (UMKM).

Menurutnya, pintu masuk kekuasaan untuk menekan industri besar itu melalui Badan Usama Milik Desa (Bumdes), sehingga UMKM dapat berdaya dan meningkatkan pendapatnnya. Hanya saja, UMKM di daerah seperti di Sulawesi Tengah selama ini belum terjalin kerjasama yang baik dengan perusahaan industri besar itu.

“Nah saya melihat melalui Bumdes inilah dapat menjadi perantara industri besar dengan UMKM,”tegas politisi partai Demokrta itu dalam rapat kerja (Raker) Komisi V DPR RI bersama Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDT) beberapa waktu lalu di Jakarta.

Bakal Calon Gubernur Sulteng 2024 dukungan Partai Demokrat dan PBB itu menagatakan, perusahaan Industri besar itu akan berbuat seenaknya jika tidak ada tekanan dari kekuasaan.

Makanya tidak heran jika kemiskinan masih tinggi di daerah kaya akan sumber daya alamnya seperti Sulawesi Tengah. Padahal di Sulteng terdapat beberapa perusahaan industri besar seperti IMIP, BTIIG, GNI dan beberapa perusahaan industri tambang besar lainnya.

“Hanya UMKM itu belum terkoneksi bagus dengan perusahaan industri besar itu. Padahal dengan adanya jalinan kerjasama yang baik antara UMKM dengan perusahaan industri besar, dapat memajukan UMKM itu dan meningkatkan pendapatan dan daya beli masyarakat kita,” kata politisi asal Morowali ini.

Olehnya, pemerintah harus berperan untuk membantu terkoneksinya UMKM dengan industri besar, sehingga dapat meningkatkan penghasilan dan daya beli masyarakat.

Anwar Hafid menegaskan, sebetulnya dengan group Bumdes dapat menjadi home seller oleh perusahaan industri besar itu dengan menjali kerja sama yang baik dengan UMKM. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.