Anggota Komisi VIII DPR RI Serahkan Bantuan Sosial Kemensos Sebesar Rp200 Miliar di Sulteng

oleh -
Anggota DPR RI, Matindas J. Rumambi saat menyampaikan sambutan pada penyerahan bantuan kepada di Sentra Kreasi Atensi Nipotowe, Selasa (08/03/22). FOTO : IST

SIGI, SULTENGNEWS.COM – Kementerian Sosial RI bersama Komisi VIII DPR RI melaksanakan penyerahan Bantuan Sosial kepada penerima manfaat di Sulawesi Tengah (Sulteng) yang dilaksanakan di Sentra Kreasi Atensi (SKA) Nipotowe.

Bantuan ini, diserahkan secara simbolis oleh Matindas J. Rumambi selaku Anggota DPR RI, Selasa (08/03/22).

Direktur Rehabilitasi Sosial Anak Kementerian Sosial, Kanya Eka Santi menyebutkan bahwa untuk periode Januari – Maret 2022, jumlah penerima manfaat di Sulawesi Tengah yang menerima Bantuan Sosial dari Kementerian Sosial sebanyak 332.306 dengan total nilai bantuan sebesar dua ratus milyar lebih.

“Bantuan Sosial disalurkan kepada penerima manfaat melalui melalui program Bantuan Sembako/Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebanyak 213.729 KPM, Program Kelurga Harapan (PKH) sebanyak 118.252 KPM dan Bantuan ATENSI sebanyak 325 orang ,” jelas Kanya.

Lebih lanjut, Kanya menyampaikan bahwa kehadiran Anggota Komisi VIII DPR RI, Matindas J. Rumambi pada penyerahan bantuan sosial dalam acara kunjungan kerja Reses Anggota Komisi VIII DPR RI merupakan bagian dari fungsi DPR untuk melakukan pengawasan program.

“Bantuan sosial dapat terwujud karena adanya dukungan Komisi VIII yang telah memperjuangkan penganggaran untuk seluruh program Kemensos” ungkap Kanya.

Sementara, Anggota DPR RI Matindas J. Rumambi menghimbau Pemerintah Daerah,agar menyediakan Anggaran Pembaharuan Data Penerima Bantuan Sosial.

Pada kegiatan ini, Matindas J. Rumambi memberi apresiasi atas terealisasinya bantuan sosial kepada penerima manfaat dari Januari, Februari, hingga Maret 2022.

Matindas menilai bahwa terealisasinya bantuan social, menandakan jajaran Kementerian Sosial telah bekerja dengan luar biasa termasuk para pendamping dalam mengawal program Kementerian Sosial.

Lebih lanjut Matindas menjelaskan bahwa bantuan sosial dapat berupa bantuan barang, uang dan jasa yang diberikan kepada seseorang atau keluarga miskin yang tidak mampu, yang rentan terhadap resiko sosial.

Matindas juga menekankan dengan adanya bantuan sosial tidak hanya dinikmati oleh penerima manfaat saja tetapi juga oleh pemerintah daerah karena adanya perputaran uang khususnya di Sulawesi Tengah sebesar 218 milyar rupiah.

“Kita patut apresiasi, sekalipun kita lagi dilanda Covid 19 tetapi program-progam kemanusiaan sebagai implementasi dari pembukaan UUD 45 tetap dilaksanakan oleh pemerintah” kata Matindas J. Rumambi.

Matindas J. Rumambi juga mengingatkan kembali pemerintah daerah bahwa masih banyak Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) yang belum terdata sehingga anggaran untuk pembaharuan data perlu didukung oleh pemerintah daerah.

“Anggaran upadate data itu sangat penting dan perlu di support oleh pemerintah daerah, karena data itu harus berasal dari Pemerintah Daerah” himbau Matindas.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Sigi, Mohamad Irwan Lapatta juga memberikan apresiasi atas bantuan Atensi Kementerian Sosial RI melalui Balai Nipotowe Palu kepada lanjut usia, penyandang disabilitas, dan yatim piatu akibat Covid 19 di Kabupaten Sigi.

“Saya berharap Bantuan ATENSI dapat meringankan beban para penerimanya dan dapat memberikan manfaat serta tepat sasaran” ujar Irwan Lappata.

Irwan juga memperkenalkan kartu “Masagena” yang merupakan inovasi pemerintah daerah Kabupaten Sigi dalam rangka pengentasan kemiskinan yang sejalan dengan program Kementerian Sosial. Irwan berharap bantuan yang diberikan menjadi pendorong bagi masyarakat dan pemerintah untuk lebih giat berusaha memakmurkan daerah khususnya kabupaten Sigi.

Yuni Yarti, penyandang disabilitas fisik yang menjadi penerima bantuan Atensi Kewirausahaan Kios Sembako mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan.

“Terimakasih sudah diberikan bantuan usaha”. ujar Yuni Yarti.

Penyerahan bantuan sosial dalam acara kunjungan kerja Reses Anggota Komisi VIII DPR RI di Sulawesi Tengah tersebut turut dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tengah, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sigi, Kepala Dinas Sosial Kota Palu, Hanafi selaku Kepala Balai Nipotowe di Palu, Perwakilan PT. Pos Perwakilan Himbara, Ketua LKS di Kab. Sigi dan Kota Palu, dan perwakilan penerima manfaat bantuan sosial dari Kabupaten Sigi dan Kota Palu. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.